The Peer Tutor Model with Cognitive Conflict Strategies in Collaborative Learning Mathematical Problem Solving and Its Effect on Individual Achievement.
Abstrak
Konflik kognitif adalah suatu kondisi siswa dimana menemui pengalaman baru yang tidak tertata rapi dalam struktur kognitifnya. Proses asimilasi antara konsep yang lama dengan yang baru pada kognitif siswa. Proses Asimilasi tersebut lebih efektif bila dilakukan secara bersama dengan tutor teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konflik kognitif terhadap kolaborasi pemecahan masalah matematis dan pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar individu. Metode penelitian studi kasus, kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Pembelajaran dilakukan kepada 28 mahasiswa semester II secara kolaboratif dalam pemecahan masalah integral. Pretest mengetahui kemampuan awal matematis, diberikan masalah integral fungsi pangkat pecahan. Diberikan posttest secara mandiri. Dalam proses pembelajaran mahasiswa dengan kemampuan awal rendah dan sulit untuk bertanya dengan adanya tutor teman sebaya berani bertanya informasi yang baru diterima dengan bantuan mahasiswa yang berkemampuan awal sedang dan tinggi. strategi konflik kognitif dengan tutor teman sebaya sangat bermanfaat. Dampak pengalaman tutor teman sebaya, hasil posttest sangat signifikan. Artinya hasil posttest meningkat secara signifikan untuk materi integral fungsi pangkat pecahan dan motivasi belajarnya juga menjadi lebih baik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Rusmini Rusmini, Muhammad Rizky Mazali, Fitrah Sari Wahyuni Harahap, Ermayanti Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.