The Peer Tutor Model with Cognitive Conflict Strategies in Collaborative Learning Mathematical Problem Solving and Its Effect on Individual Achievement.

  • Rusmini Rusmini Universitas Potensi Utama, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Muhammad Rizky Mazali Universitas Potensi Utama, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Fitrah Sari Wahyuni Harahap Universitas Potensi Utama, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Ermayanti Astuti Universitas Potensi Utama, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Konflik kognitif adalah suatu kondisi siswa dimana menemui pengalaman baru yang tidak tertata rapi dalam struktur kognitifnya. Proses asimilasi antara konsep yang lama dengan yang baru pada kognitif siswa. Proses Asimilasi tersebut lebih efektif bila dilakukan secara bersama dengan tutor teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konflik kognitif terhadap kolaborasi pemecahan masalah matematis dan pengaruhnya terhadap keberhasilan belajar individu. Metode penelitian studi kasus, kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Pembelajaran dilakukan kepada 28 mahasiswa semester II secara kolaboratif dalam pemecahan masalah integral. Pretest mengetahui kemampuan awal matematis, diberikan masalah integral fungsi pangkat pecahan. Diberikan posttest secara mandiri. Dalam proses pembelajaran mahasiswa dengan kemampuan awal rendah dan sulit untuk bertanya dengan adanya tutor teman sebaya berani bertanya informasi yang baru diterima dengan bantuan mahasiswa yang berkemampuan awal sedang dan tinggi. strategi konflik kognitif dengan tutor teman sebaya sangat bermanfaat. Dampak pengalaman tutor teman sebaya, hasil posttest sangat signifikan. Artinya hasil posttest meningkat secara signifikan untuk materi integral fungsi pangkat pecahan dan motivasi belajarnya juga menjadi lebih baik.

Kata Kunci: Model Tutor Sebaya, Strategi Konflik Kognitif, Pemecahan Masalah Matematika, Prestasi Individu

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-26
Bagaimana cara mengutip:
Rusmini, R., Mazali, M. R., Harahap, F. S. W., & Astuti, E. (2024). The Peer Tutor Model with Cognitive Conflict Strategies in Collaborative Learning Mathematical Problem Solving and Its Effect on Individual Achievement. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 719-725. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.891
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 96 times
PDF downloaded: 63 times

Referensi

Ahdiyat, S. (2014). Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pengolahan Data. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 71.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Fuadi, A., Yusaini, Y., & Marzuki, M. (2018). Pengaruh Strategi Konflik Terhadap Tingkat Pemahaman Matematika Siswa Pada MTsN Manyak Payed. Al-Kindi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 36–42. http://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/kindi/article/view/845

Hanifah Hafni Hasibuan, F. H. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Dan Peran Tutor Sebaya Untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sel Di Sma Yayasan Pendidikan Mulia Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 145–152.

Hasanah, N. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEAM-CC dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 79–89.

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

Indana Lazulfa1, D. B. P. P., Asy’ari, U. H., Kismartini, K., Yuningsih, T., Ummah, R., Hipni, M., Pen, U., Yuliaty, T., Rasyid, A., Septiani, N. V., Zamzami, L., & Rezekiana, L. (2020). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbasis Arias Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48.

Jediut, M., & Madu, F. J. (2021). Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Membantu Pada Tingkat Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 134–140. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd

Lestari, K.E dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Lukman, A. R., Kurniawan, A. T., Studi, P., Olahraga, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Surakarta, M. (2021). Pengaruh Metode Latihan Tutorial Teman Sebaya Dan Video. Creating Productive and Upcoming Sport Education Profesional Hmzanwadi University, 4(2), 149–157.

Ningrum, S. S. (2019). Strategi Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. May. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31304.78082

Novidianti, N., Rizal, F., & Usmeldi, U. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 76. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32329

Purwantati, Y. R. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Skalar Dua Vektor. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 385. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16313

Putra, Z., Hasan, I., . B., Maulidasari, C. D., & Chan, S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Dengan Software Spss Bagi Mahasiswa Lintas Perguruan Tinggi Dalam Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(0), 1–7. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i0.2666

Ramlan. (2014). Pemanfaatan strategi konflik kognitif untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas xa sman 1 makassar. Mapan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2, 75–85.

Rozana, I., Makmuri, M., & Hakim, L. E. (2020). Problem-based and thinking talk write learning model, mathematical reasoning, and transformation geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012047

Ruseno Arjanggi, T. supratin. (2010). Makara Human Behavior Studies in Asia Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara, Sosial Humaniora, 14(2), 91–97.

Rusmini, R., Harahap, F. S. W., & Guntoro, F. R. (2020). Analysis of the role of metacognition based on process complex problem solving against mathematical understanding of statistics in the era pandemic COVID-19. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012039

Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1), 1–13.

Siagian, D. S., Salsabila, E., & Wiraningsih, E. D. (2023). Hubungan Model Discovery Learning dengan Strategi Konflik Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 159–174. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.303

Verawati, N. N. S. P. (2020). Efek Penggunaan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 113–119. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1242

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama