Penanaman Nilai Karakter melalui Kegiatan Muqona (Muhadoroh Qobla Naum) di Pondok Pesantren Khairul Ummah

  • Indrian Saputra Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat,  Indonesia
  • Rinaldi Rinaldi Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Kota Padang, Sumatera Barat,  Indonesia

Abstrak

Karakter adalah nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Karakter ini bisa juga di wujudkan dengan kegaiatan muhadharah. Menurut Kamus Bahasa Arab, muhadharah berasal dari kata hadhara yang berarti berbicara atau berucap. Maka, muhadharah dapat diartikan sebagai suatu pembicaraan atau ucapan. Namun, dalam konteks keagamaan Islam, muhadharah memiliki makna yang lebih khusus.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan karakter dalam kegiatan Mukona (Muhadharah Qabla Naum) di Pondok Pesantren Khairul Ummah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif dengan menggunakan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk mengembangkan sifat-sifat karakter seperti kedisiplinan, rasa percaya diri, kreativitas, dan rasa tanggung jawab dalam kegiatan muqona siswa. Melalui kegiatan Muhadharah Qabla Naum diharapkan para mahasiswa mempunyai rasa percaya diri dan keberanian untuk naik podium. Memberikan nasehat kepada banyak orang dan menumbuhkan sikap disiplin, kreatif dan bertanggung jawab terhadap beban yang dipercayakan kepada kita. Dan Strategi pendidikan karakter yang diterapkan adalah sebagai berikut. 1) Teladan. 2) Belajar. 3) Pemberdayaan dan akulturasi budaya. 4) Penguatan.5) Evaluasi.

Kata Kunci: karakter, pesantren, muhadharah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Saputra, I., & Rinaldi, R. (2024). Penanaman Nilai Karakter melalui Kegiatan Muqona (Muhadoroh Qobla Naum) di Pondok Pesantren Khairul Ummah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 172-177. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.890
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 31 times
PDF downloaded: 19 times

Referensi

Asiyah et al.(2016).Dakwah Simpatik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Saputra et.al .(2017). Berani Berkarakter Positif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat,Ujang. (2016). Pendidikan Karakter di sekolah.Jawa barat: Mulia Sukabumi.

Hardian, Novri. t.t. (2018). : dakwah dalam perspektif al-qur’an dan hadits. jurnal al hikmah. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.92

Imam Syafi’i,.(2017). Pondok Pesantren:Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. UIN Raden Intan Lampung, 8(1). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7575

Lickona, Thomas.(2012). Education for Children. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Marzuki. et al. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter religius dan karakter kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter,9(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677

Muhaimin Azzef.Akhmad.(2014). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muinah.(2018). “Peran Kegiatan Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Modern Bina Insani Putri Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2018”. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4463

Mustoip, et al.(2018). “Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV.”

Ridhahani.(2015).:Dimensi-dimensi pendidikan Agama Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sujarwanto.(2019). Manajemen pendidikan Anak dengan gangguan Emosi Perilaku. Surabaya: Jakad Media Publishing

Wibowo,Agus. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yanti,Noor. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA KORPRI Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat, 6(11). http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.746