Peningkatan Kemampuan Menulis Ulasan Buku Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan peserta didik hanya 36%, setelah dilaksanakan Siklus 1 dengan model pembelajaran STAD persentase kemampuan menulis peserta didik sebesar 61% kemudian pada tindakan Siklus 1I mencapai 91%. Penerapan model pembelajaran STAD juga dapat meningkatkan indikator kemampuan menulis peserta didik kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Indikator kemampuan menulis peserta didik terdiri dari kohesi, koherensi dan gaya bahasa. Pada Siklus 1 indikator kemampuan menulis peserta didik memperoleh skor akhir 64%, artinya indikator kemampuan menulis berada pada kriteria cukup. Pada Siklus 1I skor akhir indikator kemampuan menulis peserta didik mencapai 90% sehingga berada pada kriteria baik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2019 Budi Rahayu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)