Pengaruh Strategi Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Ahmad Rasyid As-Sya’i Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Rusydi Ananda Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Haidir Haidir Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Sumatera Utara, Medan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Mts Al-Wasliyah Kolam Percut Sei Tuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap pengaruh strategi pembelajaran tingkah laku dan kebiasan belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kolerasional, seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 73 orang diambil sebagai sampel penelitian, Instrumennya meliputi angket dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian, ditemukan beberapa temuan penting. Pertama, terdapat pengaruh signifikan antara modifikasi tingkah laku terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Kolam Percut Sei Tuan, ditunjukkan dengan persaman regresi: Ỳ = 75.268 + 6.306 X1, dari hasil analisis diperoleh t hitung = 8.632 dan p-value = 0,632 >0,05 atau Ha diterima. Kedua, terlihat adanya pengaruh signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Kolam Percut Sei Tuan, dengan persaman regresi: Ỳ = 85.298 + 0,748 X2, dari hasil analisis diperoleh t hitung = 6.662 dan p-value = 0,662 > 0,05 atau Ha diterima. Hasil analisis seperti disajikan pada tabel menunjukkan harga statistik untuk koefisien variabel X1 yaitu t hit = 8.632 dan p-value = 0,63/2= 0,632 > 0,05 atau Ha diterima yang bermakna modifikasi tingkah laku berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII MTs Al Washliyah Kolam Percut Sei Tuan. Selanjutnya harga statistik untuk koefisien variabel X2 yaitu t hit = 6.662 dan p- value = 0,066/2 = 0,662 < 0,05 atau Ha diterima, yang bermakna kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar.

Kata Kunci: Modifikasi, Tingkah Laku dan Kebiasaan, Hasil Belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-25
Bagaimana cara mengutip:
As-Sya’i, A. R., Ananda, R., & Haidir, H. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 876-882. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.887
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 131 times
PDF downloaded: 91 times

Referensi

Ahmadi, A. dan W. S. (2001). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. 1(September), 122–130.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyani Sumantri, Johar Permana. ( 1996). Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Rusman.(2016). Strategi-strategi Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rifa’i, A. dan C. T. A. (2012). Psikologi Pendidikan. UNNES Press.

Siregar, E. dan H. N. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Usman, N. (2003). Belajar dan Pembelajaran . Grasindo