Hubungan Minat Profesi Guru dengan Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Biologi di Provinsi Lampung

  • Anggita Anggita Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro, Lampung,  Indonesia
  • Dwi Kurnia Hayati Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro, Lampung,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan membutuhkan seorang guru profesional guna membentuk generasi yang berkualitas dan bermutu. Tetapi saat ini, banyak mahasiswa jurusan pendidikan yang kurang berminat menjadi guru sehingga mempengaruhi kesiapannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan minat profesi guru dengan kesiapan mahasiswa sebagai calon guru Biologi di provinsi Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Sampelnya yaitu mahasiswa pendidikan Biologi semester VII di provinsi Lampung. Teknik sampelnya purposive sampling yaitu teknik dengan ketentuan-ketentuan tertentu. Teknik pengambilan datanya yaitu angket yang disebar dalam bentuk google formulir yang sebelumnya telah dilakukan validasi ahli yang diuji aiken’s v dan diuji reliabilitas untuk mengukur kelayakan dan konsistensi instrumen. Setelah data terkumpul, dianalisis dengan uji normalitas, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas menyatakan datanya berdistribusi tidak normal, sehingga dilakukan uji non-parametrik yaitu uji korelasi spearman yang menghasilkan data bahwa ada korelasi atau hubungan antara kedua variabel yaitu minat profesi guru (X) dan kesiapan mahasiswa (Y). Kedua varibel tersebut memiliki hubungan yang sangat tinggi/sangat kuat dan juga bernilai positif (positive correlation).

Kata Kunci: Minat profesi guru, kesiapan mahasiswa, guru profesional

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-08
Bagaimana cara mengutip:
Anggita, A., & Hayati, D. K. (2024). Hubungan Minat Profesi Guru dengan Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Biologi di Provinsi Lampung. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1010-1017. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.885
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 328 times
PDF downloaded: 113 times

Referensi

Agustiningrum, D.C. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sebagai Calon Guru Yang Kompeten. Jurnal Primary, 3(1), 1–23. https://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/psd/article/view/454.

Aini, T. (2022). Identifikasi Kesiapan Mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (Ppg) Untuk Menjadi Guru Profesional Bagi Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Di Indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 8.5.2017, 2003–2005. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/66495/1/11180162000016_TAFRIHATUL%20AINI.pdf.

Ariadika, J. P., & Purwaningsih, S. M. (2019). Minat Terhadap Profesi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/30085/27578.

Bourke, T., Ryan, M., & Ould, P. (2018). How do teacher educators use professional standards in their practice? Teaching and Teacher Education, 75, 83–92. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.06.005

Budiana, I. (2022). Menjadi Guru Profesional Di Era Digital. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.234

Dawati, F. M., Yamtinah, S., Rahardjo, S. B., Ashadi, & Indriyanti, N. Y. (2017). Uji Validitas Computerized Two-Tier Multiple Choice ( Cttmc ) Melalui Focus Group Discussion ( Fgd ) Untuk. Prosiding SNPS …, 21, 260–265. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/11424

Dwitya, I. M. W. (2017). Tingkat Kesiapan Untuk Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi PENJASKESREK Angkatan 2013 Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 4, 9–15. https://eprints.uny.ac.id/54295/1/SKRIPSI.pdf.

Falah, Y. N., & Sa’adah, N. (2022). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII MTs Yakti Mangunrejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Islamika, 4(4), 893–902. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2189

Fitrianthamy, A. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Karir dalam Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi pada Peserta Didik Kelas XI di Sekolah 48 Menengah Atas Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. IAIN Raden Intan Lampung. (Vol. 4). http://repository.radenintan.ac.id/564/1/SKRIPSI_LENGKAP_AYU.pdf.

Haqqi, U. L., Gustimal Witri, Suroyo Suroyo, Bedriati Ibrahim, N. H. (2021). Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Sekolah Dasar Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4, 151–162. https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/view/7948.

Hasanah, A. (2023). Kesesuaian minat karir dengan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi. Journal of Classroom Action Research, 5, 198–202. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4109.

Indriastuti, A., Sutaryadi, & Susantiningrum. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 37–52. https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19546

Isnaini L, A. T. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif ( Studi Kasus di SD Muhammadiyah 01 Pencongan ). 12(1), 10–18. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/69467.

Kasan, I. A., & Agustina, I. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Karir di Kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Pendas Mahakam, 7(2), 83–89. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1111

Khasbulloh, M. N. (2022). Relevansi Sikap Dan Minat Mahasiswa Dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Iain Kediri: Sebuah Analisis Multiple Linear Regression. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 16(2), 1–17. https://doi.org/10.30762/realita.v16i2.1033

Khoirul Bashooir, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Mayangsari, M. D., & Safitri, R. D. (2018). Kesiapan Diri Calon Guru Dalam Menghadapi Praktik Pengalaman Lapangan (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin). Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 3(2), 590–593. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/viewFile/127/124.

Muhlishottin, M. V. R. (2020). Pelaksanaan Fungsi Fungsi Manajemen Kelompok Bermain RA Kartini Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. JPUS: Jurnal Pendidikan …, 04, 116–123. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8200%0Ahttps://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8200/3852

Muspawi, M., & Lestari, A. (2020). Membangun Kesiapan Kerja Calon Tenaga Kerja. Jurnal Literasiologi, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.138

Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Ukg (Uji Kompetensi Guru). JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.37249/jpma.v1i1.255

Pitipaldi, K., Bakhtiar, A., & Suliantoro, H. (2016). Analisis Korelasi Spearman Sni Iso Standar Sistem Manajemen Kualitas Terhadap Hak Kekayaan Industrial Di Indonesia. Quarterly Journal of Knowledge and Information Management, 3(3), 49–59. https://download.garuda.kemdikbud.go.id.

Pratama, R., Aisyah, S. A., Mandala Putra, A., Sirodj, R. A., Afgan, M. W., & Research, C. (2023). Correlational Research. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1754–1759. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Rosalina, L. (2018). Buku Ajar Buku Ajar. http://repository.unp.ac.id/43171/1/RAHMIATI_BUKU_STATISTIKA_OK.pd f.

Safitri, A., & Kendari, U. M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar prioritas berasal dari “ manusia perahu ” yaitu masyarakat bajo yang ada di Desa sebagai nelayan tradisional , sehingga. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 198–209. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1846/1483

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1), 1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Susilo, T. H., Dessyarti, R. S., & ... (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Universitas PGRI Madiun Dalam Memilih Program Studi Manajemen. SIMBA: Seminar Inovasi …, September. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/3329

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/spasial/article/view/25357.

Widyaningrum, S., & Suratno, I. B. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Profesi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Siswa Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 16(1), 21–31. https://doi.org/10.24071/jpea.v16i1.5898

Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216