Pengaruh Program Literasi Al-Qur'an dan Dukungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur'an Siswa SMP IT Permata Cendekia Kabupaten Simalungun

  • Ramadan Syah Putra Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Ali Imran Sinaga Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia
  • Sahkholid Nasution Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Permata Cendekia, Gunung Malela, Kabupaten Simalungun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh dari program literasi al-Qur'an, dukungan keluarga, dan pengaruh keduanya secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca al-Qur'an siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan ex post facto, di mana seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 39 siswa diambil sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang diterapkan menggunakan metode korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian, ditemukan beberapa temuan penting. Pertama, terdapat pengaruh dari program literasi al-Qur'an terhadap kemampuan membaca al-Qur'an, ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,459 dan koefisien determinasi sebesar 0,211. Persamaan regresi yang ditemukan adalah ŷ = 47,674 + 1,321X1. Kedua, terlihat adanya pengaruh dari dukungan keluarga terhadap kemampuan membaca al-Qur'an, dengan koefisien sebesar 0,618 dan koefisien determinasi sebesar 0,382. Persamaan regresi untuk pengaruh ini adalah ŷ = 21,222 + 0,637X2. Ketiga, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang bersama-sama antara literasi al-Qur'an dan dukungan keluarga terhadap kemampuan membaca al-Qur'an, yang terlihat dari koefisien korelasi sebesar 0,635 dan koefisien determinasi sebesar 0,403. Persamaan regresi untuk pengaruh bersama ini adalah ŷ = 21,093 + 0,491X1 + 0,540X2.

Kata Kunci: Literasi Al-Qur’an, Dukungan Keluarga, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-22
Bagaimana cara mengutip:
Putra, R. S., Sinaga, A. I., & Nasution, S. (2024). Pengaruh Program Literasi Al-Qur’an dan Dukungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur’an Siswa SMP IT Permata Cendekia Kabupaten Simalungun. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 672-677. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.882
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 112 times
PDF downloaded: 83 times

Referensi

Darni, Joyeti., Retno Wahyuningsih, L. K. A. dan I. (2021). Aktivitas Fisik Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal: Gizi Prima Frime Nutrition Journal, 6(2), 91–96.
Fitraloka, Endang. R. R. S. dan D. H. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga terhadap Minat Baca Siswa Kelas IX MTs Nurul Islam Kota Kediri. Jurnal: Happiness, 6(2), 137–146.
Fitria, Linda dan Barseli, M. (2021). Kontribusi Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Broken Home. Jurnal: JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(2), 6–9.
Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Jurnal: Mahdar: Jurnal Studi al-Qur’an Hadis, 143–167.
Ndore, Sisilia., S. dan T. H. (2017). Dukungan Keluarga Berhubungan Dengan Kepuasan Interaksi Sosial Pada Lansia. Jurnal Care, 5(2), 256–262.
Nurhasanah, Anis., A. dan I. R. (2021). Efektivitas Literasi Bidang PAI Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Sebelas Maret Pabuaran Bogor. Jurnal: Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 9(2).
Saragih, Masri., Erwin Silitonga, Taruli Rohana Sinaga, dan M. M. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Di Program Studi Ners Fakultas Farmasi Dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal: Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 73–77.
Umam, A. K. (2016). Dukungan Lingkungan Literasi Keluarga Muslim Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Latin Dan Arab (Alqur’an) Serta Perkembangan Akademik Anak. Jurnal: Ellementary, 2(3), 1–12.
Widarto. (2013). Penelitian Ex Post Facto. yogyakarta.