Analisis Pembentukan Nilai & Karakter Anak dalam Aspek Kemandirian dan Religius di SD Muhammadiyah Kriyan

  • Achmad Nazarudin Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara, Jepara, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Aan Widiyono Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara, Jepara, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kasus terkait anak (KTA) di Indonesia. Berbagai kasus KTA   menjadi potret betapa nilai dan karakter baik belum mengakar pada sebagian anak di generasi sekarang. Berbagai temuan kasus terkait anak lebih didominasi kasus terkait agama, berupa sikap religius dan munculnya generasi strawberry pada anak di masa sekarang. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya KTA, di antaranya keluarga, lingkungan serta sekolah. Salah satu upaya dalam mengatasi KTA adalah melalui budaya sekolah, karena sekolah merupakan salah satu lingkungan yang paling berpengaruh dalam membentuk karakter kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi budaya sekolah sebagai proses pendidikan karakter, terutama karater mandiri dan sikap religius pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik dan tenaga pendidik di SD Muhammadiyah Kriyan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui implementasi budaya sekolah dapat dijadikan sarana dalam proses pembentukan karakter anak. Bentuk budaya sekolah yang berlangsung di SD Muhammadiyah Kriyan berupa kegiatan Morning Activity dan MDES (Muhammadiyah Boarding Elementary School). Dampak positif dalam implementasi budaya sekolah telah dirasakan dengan adanya beberapa sikap positif yang dicontohkan peserta didik, sehingga dapat disimpulkan dari beberapa temuan sikap yang ditonjolkan peserta didik, budaya sekolah di SD Muhammadiyah Kriyan dapat dijadikan sarana sekolah dalam upaya pembentukan karakter anak di tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: Religius, Mandiri, Morning Activity, MDES (Muhammadiyah boarding elementary school

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-20
Bagaimana cara mengutip:
Nazarudin, A., & Widiyono, A. (2024). Analisis Pembentukan Nilai & Karakter Anak dalam Aspek Kemandirian dan Religius di SD Muhammadiyah Kriyan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1058-1066. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.881
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 88 times
PDF downloaded: 82 times

Referensi

Ahsani, E. L. F., Sya’adah, L. N., Sabila, M. S., Nuryana, S., & Nahar, T. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Aktivitas Sholat dan Tahfidz Qur’an di SD Al-Ma’soem Bandung. Arzusin, 2(1), 54–69. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i1.213

Al Ubaidah, N., Zamhari, A., Janah, M., Yuniar, Y., & Sari, P. P. (2023). Lingkungan Pendidikan Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1103–1108.

Amalita, N., Ananda, A., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2024). Studi Komparatif Pendidikan Karakter Di Negara Indonesia, Malaysia, dan Jepang. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 413–419.

Anindita, F. F., & Attalina, S. N. C. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Religius melalui Budaya Sekolah di SD Al-Islam Pengkol Jepara. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 6(3), 172–182.

Anjarrini, K., & Rindaningsih, I. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Membangun Budaya Sekolah sebagai Unggulan Sekolah di MI Muhammadiyah 1 Jombang. MANAZHIM, 4(2), 452–474.

Arif, A. A., & Zulkifli, Z. (2023). Implementasi Program Muhammadiyah Boarding School: Prestasi, dan Respon Masyarakat. PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA, 2(2), 226–240.

As, U. S., & Mustoip, S. (2023). Eksplorasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. EduBase: Journal of Basic Education, 4(1), 22–28.

Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13–19.

Destiawan, R. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak dalam Pemenuhan Hak Anak di Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. IPDN.

Esmael, D. A., & Nafiah, N. (2018). Implementasi pendidikan karakter religius di sekolah dasar khadijah surabaya. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.

Fatimatuzzahro, F., Lestari, M. A., Amirah, F. S., Wahyuningsi, W., & Hermawan, T. (2024). Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pandangan HOS Tjokroaminoto. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 1–10.

Fauzi, F. I., & Tarigan, F. N. (2023). Strawberry Generation: Keterampilan Orangtua Mendidik Generasi Z. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 6(1), 1–10.

Gunawan, A. F. (2023). Reoptimalisasi Kebijakan Hukum Perlindungan Anak Dalam Penanganan Kasus Perundungan (Bullying) Di Indonesia. Jurnal Fakta Hukum (JFH), 1(2), 74–83.

Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1762

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(5), 321–338.

Latifah, S., Salimi, M., & Susiani, T. S. (n.d.). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).

Milenia, A. C., & Adhari, A. (2023). Implementasi Bantuan Hukum Yang Diberikan Oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia Terhadap Anak Korban Kekerasan Seksual. UNES Law Review, 5(4), 3154–3163.

Muiz, M. H., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Islam di Sekolah Boarding. Cross-border, 4(2), 399–408.

Nufo, P., & Alam, S. (2023). Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Berbasis Qur ’ Anic Habit Di Sekolah Alam. 17(3), 1557–1570.

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42.

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033.

Rempe, O., Ilyas, M. Y., Shafwan, A. F., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Meninjau Tantangan Dan Hambatan Dalam Pendidikan Anak Jalanan : Studi Kasus Pada Anak-Anak Jalanan Di Kota Makassar. 4(04), 448–458.

Rosmalia, R., Samina, N. A., Hadisa, H., & Arlusi, R. D. (2022). Instilling Religious Character Values, Independence and Responsibility in Early Childhood at Foster Ki Hajar Dewantara Kindergarten. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(2), 122–128.

Salsabila, E., Al-Ghifari, M. S., Nugraha, N. A. A., Salis, S., Syahidin, S., & Parhan, M. (2024). Menghadapi Degradasi Moral Generasi Muda Melalui Penerapan Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 284–295.

Sari, L. N., & As’ad, A. (2024). Memperkuat Pembentukan Sikap Religius Peserta Didik Melalui Pengenalan Asma’ul Husna Di SD Negeri 03 Balong. Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Islam [JIPPI], 2(1).

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583.