Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar

  • Ayu Ningsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sukiman Sukiman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Anggita Agustina Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Minati Rina Hardiyana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sholihah Ummi Nirmala Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum telah menjadi bagian integral dalam dunia pendidikan. Sejarah telah menunjukkan adanya serangkaian perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia. Perubahan kurikulum tersebut merupakan hasil dari analisis mendalam yang dilakukan oleh para pembuat kebijakan. Pergantian Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk terus meningkatkan dan mengkaji sistem pendidikan di negara tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat Sekolah Dasar. Pentingnya mengidentifikasi setiap tantangan ini adalah untuk mengembangkan strategi-strategi yang sesuai dan terukur guna mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka serta meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan studi literatur, peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur yang telah diterbitkan dalam jurnal-jurnal nasional dan internasional yang dapat diakses secara daring. Pencarian artikel ilmiah dilakukan dengan menggunakan platform pencarian seperti Scopus dan Scholar, peneliti juga menerapkan teknik wawancara yang dilaksanakan di SDS Islam Terpadu Madani Kayuagung sebagai metode pengumpulan data tambahan, guna memperkuat dan melengkapi informasi yang terdapat dalam sumber literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat problematika dalam penerapan kurikulum merdeka khususnya pada tingkat sekolah dasar dimana guru mengalami kesulitan dalam melakukan analisis Capaian Pembelajaran, guru kurang menguasai penggunaan teknologi sehingga guru menghadapi kesulitan dalam menyusun RPP, guru mengalami kesulitan dalam menentukan jenis asesmen yang cocok dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, terutama saat melaksanakan pembelajaran berbasis proyek.

Kata Kunci: Tantangan, Strategi, Kurikulum

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-23
Bagaimana cara mengutip:
Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678-682. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 356 times
PDF downloaded: 240 times

Referensi

Amelia, N., Tusyana, E., & Andrean, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah.

Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023). Opportunities And Challenges Of Kurikulum Merdeka Implementation At Sekolah Alam Bukittinggi.

Fitriani, L., Refianti, R., & Yanto, Y. (2023). Systematic Literature Review: Desain Modul Dengan Pendekatan Pmri Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). Https://Ejournal.Papanda.Org/Index.Php/Jp/Article/View/397/229

Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. 4.

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2023). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Didaxei, 3(2).

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Di Smk Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 6(1).

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182–187. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i1.746

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., Nur, M. D., & Tirtayasa, U. S. A. (2021). Analisis Kurikulum 2013. 07.

Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Smk Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). Https://Doi.Org/10.21137/Edumatic.V4i1.685

Putri, R. S., & Desyandri. (2023). Konsep Implementasi Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Filsafat Kontruktivisme. Pendas :Jurnalilmiahpendidikandasar, 08(01). Https://Journal.Unpas.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/View/6939/2884

Sumarmi, S. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Social Science Academic, 1(1), 94–103. Https://Doi.Org/10.37680/Ssa.V1i1.3193

Thoriq, A. (2023). Systematic Literature Review : Konseptualisasi Strategi Pengembangan Kurikulum. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan. Http://E-Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/Psnip/Article/View/265/117

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal On Education, 6(1), 2056–2063. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i1.3197

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Soko Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.55606/Sokoguru.V3i1.1417

Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities And Challenges In Facing “Merdeka Belajar” Curriculum In The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753. Https://Doi.Org/10.33019/Society.V8i2.234

Zulaiha, S., Meldina, T., & Meisin. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2). Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Terampil/Index