Penerapan Aplikasi Games Anatomi Model Drill And Practice untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Sekolah Ramah Inklusi

  • Yunis Aprianti Univesitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muhammad Rifki Univesitas Islam Negeri Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatra Barat,  Indonesia
  • Andi Prastowo Univesitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sigit Prasetyo Univesitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pelajaran IPA khususnya Biologi tidak bisa dipelajari dengan mudah, salah satunya materi tentang sistem pencernaan manusia. Materi ini rumit karena organ-organ pencernaan bekerja didalam tubuh sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat, penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Model Drill and Practice berbasis audiovisual dan aplikasi games anatomi untuk meningkatkan pemahaman anak di sekolah dasar ramah inklusi Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan terlihat dari hasil posttes termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) juga terlihat peningkatannya, tetapi untuk siswa ABK jenis ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan Tuna Ganda (Down Sindrom dan Tuna Daksa) belum dapat menyesuaikan diri dengan teman kelasnya sehingga masih sangat perlu pendampingan khusus/pendidikan individual dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhannya. Pendidik diharapkan dapat berinovasi menggunakan berbagai media dan model pembelajaran seperti  menggunakan aplikasi games anatomi dengan model drill and practice.

Kata Kunci: Aplikasi Anatomi, Drill and Practice, IPA, Sekolah Inklusi, Sistem Pencernaan Manusia

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-26
Bagaimana cara mengutip:
Aprianti, Y., Rifki, M., Prastowo, A., & Prasetyo, S. (2024). Penerapan Aplikasi Games Anatomi Model Drill And Practice untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Sekolah Ramah Inklusi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 702-709. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.873
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 156 times
PDF downloaded: 113 times

Referensi

Azizah, N., Zmaroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2419–2425.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2003). Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding KS: Riset Dan PKM, 2(2), 147–300.

Efendi, N., & Putri, L. (2022). Studi Literature Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. 4(2010), 13084–13089.

Fernandes, R. (2017). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Journal SOCIUS: Journal of Sociology Research and Education, 4(2). https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16

Haniifah, H., & Efendi, M. E. (2022). Peran Penting Guru Pembimbing Khusus Dalam Pendidikan Inklusi Di SDI Al-Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 167–171.

Khoirunisa, K., Prastowo, A., & Fatimah, S. (2021). Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Drill and Practice untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 942–948. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.372

Mahmudah, I., Prastowo, A., & Sunedi, S. (2022). Model Drill and Pratice Berbasis Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2652–2659. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1202

Nasution, A., & Prastowo, A. (2021). Analisis Pembelajaran Berbasis Teknologi Model Dirll And Practice Untuk MI/SD. El-Midad: Jurnal PGMI, 13(1), 10–14.

Purwanti, S. (2018). Analisis Ragam Kesulitan Belajar IPA Kelas V SD Negeri Jombor. Research Colloqium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 58–67.

Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 35–40.

Siswanto, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Alat Peraga Organ Tubuh Manusia (TORSO) Pada Siswa Kelas V SDN Manggisan 01 Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancaran, 4(1).

Syarifa, F. (2023). Jumlah Anak Berkebutuhan Khusus Terus Bertambah tapi Hanya 12 Persen yang Sekolah Formal. https://www.liputan6.com/. https://www.liputan6.com/disabilitas/read/5233102/jumlah-anak-berkebutuhan-khusus-terus-bertambah-tapi-hanya-12-persen-yang-sekolah-formal

Yuwono, I., & Mirnawati. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2015–2020.