Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Religiusitas Siswa (Studi Multisitus)

  • Widya Khairunnisah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Zaini Dahlan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta implementasi program budaya sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) terhadap penanaman karakter religiusitas siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Langkat dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Medan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitain deskriptif kualitatif dengan jenis studi multisitus. Melalui pendekatan studi multisitus, penelitian ini mengkaji dampak program 5S terhadap pembentukan nilai-nilai keagamaan. Metode penggalian data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas program ini. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pandangan yang bermanfaat dalam meningkatkan aspek keagamaan siswa melalui penerapan budaya sekolah 5S. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Program budaya sekolah 5S diterapkan di MIN 6 Langkat dan MIN 6 Medan direncanakan berdasarkan visi, misi, dan tujuan Lembaga; 2) Pelaksanaan program budaya sekolah 5S di MIN 6 Langkat dan MIN 6 Medan bertujuan membentuk karakter religius siswa, dilakukan dengan pembiasaan sholat berjamaah, lingkungan bersih, infaq/sedekah, dan budaya literasi Al-Qur'an menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari; 3) Evaluasi terus-menerus dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas program dan menyusun perbaikan guna meningkatkan dampaknya dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa.

Kata Kunci: Budaya Sekolah 5S, Religiusitas dan Multisitus

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-18
Bagaimana cara mengutip:
Khairunnisah, W., Salminawati, S., & Dahlan, Z. (2024). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Religiusitas Siswa (Studi Multisitus). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 574-580. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.870
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 301 times
PDF downloaded: 173 times

Referensi

Andayani Atika, & Zaini Dahlan. (2022). Konstruksi karakter siswa VIA pembiasaan sholat dhuha. Jurnal Muallimuna, 7 (2), 99. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6531

Banguin, & Burhan. (2003). Analisis data penelitian kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chairiyah. (2014). Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Literasi, 4(1), 42–51.

Dahlan, Z., Ningrum, P. P., Fradilla, N., Atika, N. S. H., Arfiandini, T., & Anju Mayang Choirunnisa. (2022). Konstruksi Karakter Religius Siswa Usia Dasar Melalui Program Pondok Belajar Pengabdian Mahasiswa Uin Sumatera Utara Di Desa Karang Rejo, Langkat. Jurnal program studi PGMI, 9, 612.

Haidar Putra Daulay, Dahlan, Z., Tarmizi, M., & Murali. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun. Jurnal Kajian Islami Kontemporer, 1, 82.

Rahmadhani, W., & Zaini Dahlan. (2023). Internalisasi nilai karakter gemar membaca melalui program literasi di Madrasah Ibtidaiyah negeri 5 medan. Jurnal Kependidikan, 12(3), 351. https://doi.org/10.58230/27454312.242

Yaumi Muhammad. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan pilar dan Implementasi. Prenadamedia Group.

Zamroni. (2011). Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan Karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Kencana.