Pembelajaran STEM di Queensland Australia

  • Wijokongko Wijokongko SMP Negeri 2 Pakem,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran STEM di Australia telah diterapkan dengan baik dan menginspirasi guru-guru dari Indonesia untuk mendapatkan pengalaman besar. Di Australia, STEM dianggap sebagai pendekatan dan pengembangan pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang implementasi STEM, kondisi transportasi, dan karakteristik masyarakatnya sebagai hasil pengamatan selama menjalani pelatihan singkat di Australia. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sekolah-sekolah di Australia telah menerapkan STEM sebagai kerangka kerjanya. Sekolah bekerja sama dengan universitas dan industri untuk mendukung siswa dalam melakukan penelitian. STEM diimplementasikan menggunakan 5E (Engage, Explore, Elaborate, Explain, Evaluate). Sistem transportasi dan hubungan sosial di Australia menginspirasi guru-guru Indonesia. Cara berpikir, sistem pendidikan, dan pengembangan teknologi di sekolah memiliki peluang yang besar dan berharga untuk diterapkan di Indonesia. Negara-negara maju telah menerapkan STEM. Indonesia perlu menerapkan STEM untuk mendukung keberhasilan siswa di abad ke-21 dan era revolusi industri 4.0.

Kata Kunci: STEM, 5E

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-10-01
Bagaimana cara mengutip:
Wijokongko, W. (2019). Pembelajaran STEM di Queensland Australia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 95-102. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.87
Abstrak viewed: 726 times
PDF downloaded: 2103 times