Telaah Bibliometrik Tren Riset Creative Entrepreneurship dalam Bidang Pendidikan

  • Fahayu Priristia Universitas Gadjah Mada, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Rizki Oktavianto Universitas Gadjah Mada, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Reny Universitas Bumigora, Mataram, Nusa Tenggara Barat,  Indonesia

Abstrak

Dominasi lulusan pendidikan menengah kejuruan sebagai penyumbang tingkat pengangguran terbuka sebagaimana hasil survei angkatan kerja nasional BPS tahun 2023 memberikan tantangan yang dihadapi institusi pendidikan untuk meningkatkan penyaluran lulusan ke dalam dunia kerja. Optimalisasi creative entrepreneurship dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Implementasi berbagai kebijakan dan praktik terkait creative entrepreneurship di sektor pendidikan sangat terbantu dengan adanya penelitian. Penelitian ini menggunakan bibliometrik untuk mengidentifikasi dan memetakan berbagai publikasi ilmiah untuk menentukan topik, sumber, penulis, artikel yang sering dirujuk, dan negara utama yang membahas creative entrepreneurship dalam pendidikan. Penelitian ini juga akan membahas struktur konseptual, intelektual, dan sosial dari literatur terkait creative entrepreneurship. Analisis bibliometrik ini menggunakan 258 artikel jurnal terindeks Skopus yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Pembahasan penelitian ini memberikan gambaran umum riset creative entrepreneurship di bidang pendidikan dalam bentuk tabel, grafik, dan pemetaan, serta memberikan rekomendasi riset di masa mendatang terkait creative entrepreneurship dalam bidang pendidikan. Telaah bibliometrik yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa prospek riset creative entrepreneurship di bidang pendidikan masih relatif tinggi. Penelitian lebih lanjut yang disarankan membahas tentang topik pengembangan pembelajaran kewirausahaan berbasis kepemimpinan, pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan aspek professional.

Kata Kunci: Bibliometrik, Biblioshiny, Creative Entrepreneurship, Pendidikan Kewirausahaan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fahayu Priristia, Universitas Gadjah Mada, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Fahayu Priristia menempuh S1 pada program studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Univesitas Negeri Yogyakarta (2017-2021), kemudian melanjutkan jenjang S2 pada program studi Magister Sains Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (2023-sekarang).

Reny, Universitas Bumigora, Mataram, Nusa Tenggara Barat

Reny Refitaningsih Peby Ria, M.Pd menempuh S1 pada program studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta (2016-2020). Kemudian melanjutkan S2 pada program studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (2020-2022). Saat ini aktif sebagai dosen pada program studi Ilmu Komputer, Universitas Bumigora dengan bidang keahlian penelitian dan evaluasi.

 

Diterbitkan
2024-01-13
Bagaimana cara mengutip:
Priristia, F., Oktavianto, R., & Ria, R. R. P. (2024). Telaah Bibliometrik Tren Riset Creative Entrepreneurship dalam Bidang Pendidikan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 566-573. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.869
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 144 times
PDF downloaded: 134 times

Referensi

Abreu, M., & Grinevich, V. (2013). The nature of academic entrepreneurship in the UK: Widening the focus on entrepreneurial activities. Research Policy, 42(2), 408–422. https://doi.org/10.1016/j.respol.2012.10.005

Aria, M., & Cuccurullo, C. (2017). bibliometrix: An R-tool for comprehensive science mapping analysis. Journal of Informetrics, 11(4), 959–975. https://doi.org/10.1016/j.joi.2017.08.007

BPS. (2023). Februari 2023: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,45 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 2,94 juta rupiah per bulan [dataset]. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/05/05/2001/februari-2023--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-45-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-2-94-juta-rupiah-per-bulan.html

Bridgstock, R. (2013). Not a dirty word: Arts entrepreneurship and higher education. Arts and Humanities in Higher Education, 12(2–3), 122–137. https://doi.org/10.1177/1474022212465725

Edwards-Schachter, M., García-Granero, A., Sánchez-Barrioluengo, M., Quesada-Pineda, H., & Amara, N. (2015). Disentangling competences: Interrelationships on creativity, innovation and entrepreneurship. Thinking Skills and Creativity, 16, 27–39. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2014.11.006

Gundry, L. K., Ofstein, L. F., & Kickul, J. R. (2014). Seeing around corners: How creativity skills in entrepreneurship education influence innovation in business. The International Journal of Management Education, 12(3), 529–538. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2014.03.002

Harms, R. (2015). Self-regulated learning, team learning and project performance in entrepreneurship education: Learning in a lean startup environment. Technological Forecasting and Social Change, 100, 21–28. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2015.02.007

Leick, B., Gretzinger, S., & Roddvik, I. N. (2023). Creative entrepreneurs and embeddedness in non-urban places: A resource exchange and network embeddedness logic. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 29(5), 1133–1157. https://doi.org/10.1108/IJEBR-07-2022-0606

Oktavianto, R. (2023). Tinjauan Komprehensif Sociopreneurship dalam Konteks Pendidikan: Suatu Analisis Bibliometrik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 808–815. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.711

Smit, A. J. (2011). The Influence of District Visual Quality on Location Decisions of Creative Entrepreneurs. Journal of the American Planning Association, 77(2), 167–184. https://doi.org/10.1080/01944363.2011.567924

Yu, J., & Muñoz-Justicia, J. (2020). A Bibliometric Overview of Twitter-Related Studies Indexed in Web of Science. Future Internet, 12(5), 91. https://doi.org/10.3390/fi12050091