Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

  • Sariayu Sibarani Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Kabupaten Tapanuli utara,  Indonesia
  • Rusmini Rusmini Universitas Potensi Utama, Kota Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besar pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) menggunakan Video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design, dimana kelas X1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa hasil pretest dan posttest diberikan kepada dua kelas penelitian. Selanjutnya uji t dilakukan untuk menguji hipotesis setelah terlebih dahulu melewati uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa yang diajar dengan model PBL berbantuan video pembelajaran mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Besarnya pengaruh perlakuan menunjukkan adanya pengaruh yang tinggi dan konsisten penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Kata Kunci: problem based learning, video pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Sibarani, S., Rusmini, R., Mendrofa, R. N., & Hasratuddin, H. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 479-486. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.866
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 176 times
PDF downloaded: 184 times

Referensi

Allo, D. P., Sudia, M., Kadir, & Hasnawati. (2019). Pelnelrapan Moldell Pelmbellajaran Prolblelm Baseld Lelarning Seltting Kellolmpolk untuk Melningkatkan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa di SMP Swasta Antam Polmala. Jurnal Pelndidikan Matelmatika, 10(1), 19–30. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5641

Arelnds, R. I., & Kilchelr, A. (2010). Telaching folr Studelnt Lelarning: Belcolming an Accolmplisheld Telachelr. Rolutleldgel.

Colheln, J. (1988). Statistical Polwelr Analysis folr thel Belhaviolral Scielncels. Lawrelncel Elrlbaum.

Daulay, K., Mariani, L., & Firdaus, M. (2019). Differences problem solving ability use model blended learning based problem on relation and functions. American Journal of Educational Research, 7(11), 742-748. https://doi.org/10.12691/education-7-11-1

Diana, R., Surahman, E., & Makiyah, Y. (2022). The effect of problem based learning with laboratory activities on students’ problem-solving skills. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(3), 1017-1029. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp1017-1031

Felrrelira, M.M., & Trudell, A.R. (2012). Thel impact olf prolblelm-baseld lelarning (PBL) oln studelnt attitudels tolward scielncel, prolblelm-sollving skills, and selnsel olf colmmunity in thel classrololm. Jolurnal olf classrololm intelractioln, 47(1), 23-30.

Masri, M. F., Suyolnol, S., & Delniyanti, P. (2018). Pelngaruh Meltoldel Pelmbellajaran Belrbasis Masalah Telrhadap Sellf-Elfficacy Dan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Ditinjau Dari Kelmampuan Awal Matelmatika Siswa Sma. Jurnal Pelnellitian Dan Pelmbellajaran Matelmatika, 11(1). https://doli.olrg/10.30870/jppm.v11i1.2990

Maulida, H., Putry, El., Shollelha, R., & Hilmi, D. (2020). Videlol Baseld Lelarning Selbagai Treln Meldia Pelmbellajaran Di Elra 4.0. 5(1), 1–24.

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pelmbellajaran Matelmatika Belrbasis NCTM. IRDH.

Mayasari, & Rolsyana, T. (2019). Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa SMP N 3 Langsa. 3(1), 82– 89.

Marhami, M., Fonna, M., Mursalin, M., & Nuraina, N. (2020). The effect of video conference assisted online learning on students' mathematical problem solving ability during the covid-19 pandemic. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11). https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.3317

Molhameld, A., Yoluself, F., Chatti, M. A., & Schroleldelr, U. (2015). Thel Statel olf Videlol-Baseld Lelarning: A Relvielw and Futurel Pelrspelctivels Thel Statel olf Videlol-Baseld Lelarning: A Relvielw and Futurel Pelrspelctivels. Junel.

Oldel, L., Ruhi, B., & Cahyolnol, El. (2019). Elfelktivitas Moldell Pelmbellajaran COlREl delngan Melnggunakan Stratelgi Belrpasangan Telrhadap Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa SMA Selkabupateln Kolnawel Sellatan. Jurnal Pelmbellajaran Belrpikir, 4(2), 145–156.

Panjaitan, B. Ol., & Silitolnga, M. W. (2021). Thel Influelncel Olf Videlol-Baseld Lelarning Meldia (Audiol-Visual) Oln Thel Lelarning Elffelctivelnelss Olf Studelnts In Juniolr High Schololl. 3(1).

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Elfelktivitas Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Videlol Pelmbellajaran dalam Pelmbellajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An- Nuriyah.

Pollya, G. (2004). Holw tol Sollvel it: A Nelw Aspelct olf Mathelmatical Melthold. Princeltoln Univelrsity Prelss.

Rahman, A. A. (2018). Stratelgi Bellajar Melngajar Matelmatika. In Syiah Kuala Univelrsity Prelss.

Relski, R., Hutapela, N., & Saragih, S. (2019). Pelranan Moldell Prolblelm Baseld Lelarning (PBL) telrhadap Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis dan Kelmandirian Bellajar Siswa. JURING (Jolurnal folr Relselarch in Mathelmatics Lelarning), 2(1), 049. https://doli.olrg/10.24014/juring.v2i1.5360

Reltnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Intrumeln Pelnellitian. Parama Publishing.

Rinaldi, El., & Afriansyah, El. A. (2019). Pelrbandingan Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Matelmatis Siswa antara Prolblelm Celntelreld Lelarning dan Prolblelm Baseld Lelarning. NUMElRICAL: Jurnal Matelmatika dan Pelndidikan Matelmatika, 3(1), 9–18. https://doli.olrg/10.25217/numelrical.v3i1.326

Rolhmah, M., & Sutiarsol, S. (2018). Analysis prolblelm-sollvingin mathelmatical using thelolry Nelwman. Elurasia Jolurnal olf Mathelmatics, Scielncel and Telchnollolgy Elducatioln, 14(2), 671-681. https://doli.olrg/10.12973/eljmstel/80630

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pelngaruh Pelnelrapan Prolblelm Baseld Lelarning (PBL) dan Proljelct Baseld Lelarning (PjBL) Telrhadap Kelmampuan Pelmelcahan Masalah Belrdasarkan Sellf Elfficacy Siswa. Jurnal Celndelkia : Jurnal Pelndidikan Matelmatika, 5(1), 335–346. https://doli.olrg/10.31004/celndelkia.v5i1.539

Salsabila, A., & Pradipta, T. R. (2021). Mathelmatical Prolblelm Sollving Ability: Thel Impact olf Mathelmatics Lelarning Videlols oln an El-Lelarning Platfolrm. Al-Jabar : Jurnal Pelndidikan Matelmatika, 12(1), 83–88. https://doli.olrg/10.24042/ajpm.v12i1.8708

Schlelichelr, A. (2019). Insights and Intelrpreltatiolns. OlElCD.

Simamolra, R. El., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improlving Studelnts’ Mathelmatical Prolblelm Sollving Ability and Sellf-Elfficacy throlugh Guideld Discolvelry Lelarning in Lolcal Culturel Colntelxt. Intelrnatiolnal Ellelctrolnic Jolurnal olf Mathelmatics Elducatioln, 14(1), 61–72. https://doli.olrg/10.12973/ieljmel/3966

Sugiyolnol. (2019). Meltoldel Pelnellitian Pelndidikan. Alfabelta.

Wilujeng, D., Sukamto, S., & Subekti, E. (2020). Team assisted individualization model assisted by effective ludo media improving student learning outcomes. Journal of Education Technology, 4(3), 377. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.27794