Menggagas Pengembangan Lingkungan Pembelajaran Ubikuitus sebagai Proyeksi Lingkungan Ubikuitus di Korea Selatan

  • Wirawan Yogiyatno SMK Negeri 1 Seyegan,  Indonesia

Abstrak

Pengguna Internet terbanyak di Indonesia adalah pelajar sekolah menengah. Hal ini merupakan peluang bagi pegiat pendidikan untuk menyediakan sistem pembelajaran yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja layaknya situs-situs di Internet. Lingkungan pembelajaran yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja dibangun berdasarkan pada komputasi ubikuitus. Republik Korea merupakan negara yang mempunyai program mewujudkan kota ubikuitus, dengan salah satu layanannya yaitu lingkungan pembelajaran ubikuitus. Pada kajian ini, dilakukan studi pustaka tentang komputasi ubikuitus, lingkungan pembelajaran ubikuitus, karakteristik dan komponennya, serta kemungkinan penerapannya pada sekolah-sekolah di Indonesia. Kajian menunjukkan bahwa pengembangan lingkungan pembelajaran ubikuitus dengan komponen-komponennya berupa server yang menyediakan perangkat lunak sistem pengelola pembelajaran (learning management system), titik-titik akses ruang sinyal, telepon cerdas yang di dalamnya terpasang aplikasi untuk mengakses sistem pengelola pembelajaran, dan sistem identifikasi frekuensi radio dapat dilakukan pada satuan pendidikan yang telah mempunyai faktor-faktor pendukung komponen tersebut.

Kata Kunci: lingkungan pembelajaran ubikuitus, komputasi ubikuitus, Korea Selatan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-10-01
Bagaimana cara mengutip:
Wirawan Yogiyatno. (2019). Menggagas Pengembangan Lingkungan Pembelajaran Ubikuitus sebagai Proyeksi Lingkungan Ubikuitus di Korea Selatan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 84-94. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.86
Abstrak viewed: 563 times
PDF downloaded: 1113 times