Keterampilan Proses Sains dan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa melalui Model Inductive Thinking dan Group Investigation

  • Siska Aidarahmi Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Binari Manurung Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Diky Setya Diningrat Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dan berfikir tingkat tinggi siswa SMA kelas X yang diberi model pembelajaran inductive thinking dan group investigation. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni di MAN 1 Aceh Tenggara. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIA sebanyak 300 orang. Sampel diambil secara purposive sampling dan berjumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang sangat signifikan keterampilan proses sains terhadap model pembelajaran. Hasil keterampilan proses sains yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (88,83 ) lebih signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran inductive thinking (85,50 ); (2) Terdapat perbedaan yang sangat signifikan berfikir tingkat tinggi terhadap model pembelajaran. Hasil berfikir tingkat tinggi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (87,33 ) lebih signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran inductive thinking (83,33 ); (3) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang diberi model pembelajaran inductive thinking dan group investigation pada kemampuan biologi awal (KBA) yang rendah dan tinggi; (4) Terdapat perbedaan berfikir tingkat tinggi yang diberi model pembelajaran inductive thinking dan group investigation pada KBA yang rendah dan tinggi; (5) Terdapat hubungan antara keterampilan proses sains dan berfikir tingkat tinggi siswa dari hasil penerapan model pembelajaran inductive thinking dan group investigation r = 0,876 dan = 0,768.

Kata Kunci: pembelajaran inductive thinking, group investigation, keterampilan proses sains dan berfikir tingkat tinggi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Siska Aidarahmi, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara

Siska Aidarahmi dilahirkan di kutacane, pada tanggal 11 Desember 1993. Ayah bernama Jumatin dan ibu bernama Alimatus Sakdiah dan merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Pada tahun 2000, penulis masuk SD N Engkran Baru. Pada tahun 2006, penulis melanjutkan sekolah di MTsN Engkran dan lulus pada tahun 2009. Pada tahun 2009, penulis melanjutkan sekolah di SMA N 1 Lawe Alas dan lulus pada tahun 2012. Pada tahun 2012, penulis diterima di kampus Universitas Gunung Leuser (UGL) jurusan Biologi program studi pendidikan Biologi, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dan sekarang telah melanjutkan kuliah S2 di Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Medan. Nomor hp/wa penulis ; 0821-6425-3493.

Diterbitkan
2024-01-16
Bagaimana cara mengutip:
Aidarahmi, S., Manurung, B., & Diningrat, D. S. (2024). Keterampilan Proses Sains dan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa melalui Model Inductive Thinking dan Group Investigation . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 598-605. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.853
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 70 times
PDF downloaded: 48 times

Referensi

Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar., Wilis, R. (2006). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Hasibuan., Kalsum, U. (2020). Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Ekologi Di Kelas VII MTs Berbasis Penemuan Terbimbing Dengan Memanfaatkan Lingkungan Kebun Sayur Dalam Pengetahuan Dan Keterampilan Proses Sains. Diss. UNIMED.

Junaidi., Zalisman., Yusri, Y., Amin, K., Wismant. (2020). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal On Education, 5(3), 10040-10052.

Kartikawati., Eka., Ningsih, A., Akbar, B. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Basicedu, 4(3), 565-570.

Mildawati, Titi. (2021). Efektifitas Pelayanan Akademik Daring Terhadap Kualitas Penyelesaian Studi Akhir Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar Tahun. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 4(1), 52-79.

Syahmani. (2019). Model Group Investigation Dan Induktif Sebagai Alternatif Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Dan Berpikir Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 4(1), 59-70.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kebijakan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3).

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.