Sistem Pendidikan Ganda dan Diagnostic Trouble Box (DTB) dalam Pembelajaran di Intercompany Training Mercedez Kraftfahrzeuggewerbe Saarländischer KFZ-Verband Trainingszentrum–Saarbrücken Germany

  • Ridho Saputro SMK Negeri 2 Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pengiriman 1200 pendidik dan tenaga kependidikan keluar negeri pada tahun 2019 adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru untuk memperkuat pendidikan di Indonesia agar semakin maju dan setara dengan negara maju dunia. Tujuan dari  negara yang kali ini akan saya paparkan adalah negara Jerman, di Intercompany Trainning Mercedez Kraftfahrzeuggewerbe Saarländischer KFZ-Verband Trainingszentrum – Saarbrücken Germany. Hal yang sangat menarik dari negara Jerman adalah hubungan yang sangat erat antara dunia industri dengan dunia pendidikan, dimana Jerman merupakan negara pertama pencetus sistem pendidikan sistem ganda (Dual System Education). Metode mengajar menggunaan Diagnostic Trouble Box seperti yang digunakan di Jerman, sebagai salah satu metode dan media yang menarik serta dapat mengetahui kemampuan analisis peserta didik dengan mudah dan akurat, khususnya dalam pembelajaran kelistrikan kendaraan otomotif.

Kata Kunci: pendidikan sistem ganda, kotak diagnosis masalah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-10-01
Bagaimana cara mengutip:
Ridho Saputro. (2019). Sistem Pendidikan Ganda dan Diagnostic Trouble Box (DTB) dalam Pembelajaran di Intercompany Training Mercedez Kraftfahrzeuggewerbe Saarländischer KFZ-Verband Trainingszentrum–Saarbrücken Germany. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 75-83. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.85
Abstrak viewed: 335 times
PDF downloaded: 384 times