Peningkatan Dimensi Kreativitas SBdP melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva Terintegrasi Ajaran Tri N

  • Desi Ambarsari Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh. Rusnoto Susanto Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Pascasarjana Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari Kurikulum Merdeka adalah membentuk karakter siswa agar sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Salah satu dimensi yang dikembangkan yaitu kreatif. Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) merupakan salah satu pelajaran yang dapat mempertajam kreativitas siswa. Berdasarkan hasil observasi kreativitas SBdP siswa masih rendah, maka diperlukan sebuah tindakan pada pembelajaran SBdP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan dimensi kreativitas SBdP melalui pemanfaatan aplikasi Canva terintegrasi ajaran Tri N. Metode penelitianyang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subyek teliti kelas VI SD yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan merinci hasil observasi dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Canva yang terintegrasi dengan prinsip ajaran Tri N memiliki dampak positif pada peningkatan kreativitas siswa dalam konteks pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi sebelum dilakukan tindakan menjukkan bahwa terdapat 19 dari 27 atau sebesar 70% siswa belum berkembang, setelah dilakukan tindakan terdapat 2 dari 27 atau sebesar 7% siswa mulai berkembang, 17 dari 27 siswa atau sebesar 63% berkembang sesuai harapan, dan 8 dari 27 siswa atau sebesar 30% berkembang sangat baik.

Kata Kunci: aplikasi canva, dimensi kreativitas, SBdP, Tri N

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-12
Bagaimana cara mengutip:
Ambarsari, D., & Susanto, M. R. (2024). Peningkatan Dimensi Kreativitas SBdP melalui Pemanfaatan Aplikasi Canva Terintegrasi Ajaran Tri N . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 771-777. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.843
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 68 times
PDF downloaded: 47 times

Referensi

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Belitung, D. I. K. (2023). Cilpa : Jurnal Pendidkan Seni Rupa. 9(2), 13–24.

Guarango, P. M. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Prastowo. (2022). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III pada Materin Menggambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 42–47. https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.637

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengembangan Pendidikan, 8(1), 251–256.

Rozak, A. (2020). Pengaruh Teknik 3N (Niteni, Niroake, Dan Nambahi) Ki Hajar Dewantara Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa. Arsip Repository FKIP Unswagati, 1–19.

Yuli Purwati, L. P. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42–51. http://dx.doi.org/10.35671/jpmm.v1i1.821

H.B. Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.