Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar P5 dengan Media Papan Pintar Kelas II SD

  • Kurniayu Maduratih Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Siswa SD pada umumnya mempunyai karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok dan senang memperagakan sesuatu secara langsung. Oleh karena itu, praktik pendidikan harus mengalami transformasi agar lebih berpusat pada siswa dan mendorong partisipasi aktif siswa melalui penggunaan model atau media pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk siswa sekolah dasar. Media ini dibuat dengan mempertimbangkan siswa kelas II  sekolah dasar. Untuk membantu siswa lebih memahami makna setiap sila Pancasila, peneliti mengembangkan Media Papan Pintar Pancasila sebagai alat bantu pengajaran. Dengan menggunakan media papan pintar Pancasila. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Pancasila siswa kelas II di UPT SDN 12 Gresik dengan total 25 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melalui observasi, tes dan catatan lapangan. Untuk menganalisis hasil tes mengenai hasil belajar siswa, peneliti menjumlahkan skor untuk setiap komponen sesuai dengan evaluasi tradisional mengenai persentase penyelesaian pembelajaran. Terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa yaitu, pada pra siklus masih dengan presentase 40% , dan pada siklus I naik menjadi 72% dan pada siklus II menjadi sangat baik dengan presentase 100%. Setelah tiga siklus, akhirnya penilaian hasil belajar mencapai 100% pada siklus II yang menunjukkan keberhasilan. Siswa kelas II UPT SDN 12 Gresik dapat memanfaatkan media papan pintar Pancasila untuk meningkatkan hasil belajarnya.

Kata Kunci: media papan pintar, pancasila, Hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-16
Bagaimana cara mengutip:
Maduratih, K., & Bakhtiar, A. M. (2024). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar P5 dengan Media Papan Pintar Kelas II SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 606-612. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.842
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 161 times
PDF downloaded: 101 times

Referensi

Aqib, Zainal et al. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi.( 2008). Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarsono, Susarso. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyanto. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma Pustaka.

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar Pancasila sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jawa Timur: Indah Pramitasari

Ariyana et al. (2018). Penerapan PjBL untuk siswa SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Project Based Learning Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (Nomor 20 Tahun 2014). Tentang Pembelajaran Berbasis Proyek