Pendekatan Etnopedagogi dalam Proses Pembelajaran untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter yang dilaksanakan melalui pendekatan etnopedagogi yang terintegrasi dalam proses pembelajaran di sekolah dasar dalam rangka membentuk dan meningkatkan karakter peserta didik. Pendekatan etnopedagogi yang dilaksanakan di SD Negeri Banjar Agung 2 ini dilaksanakan pada kelas 6 dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatannya dibagi dalam 3 bagian pembelajaran yakni kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Etnopedagogi dalam kajian ini fokus pada kearifan lokal masyarakat Kota Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data-data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Adapun hasinya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan etnopedagogi terbukti dapat membentuk dan meningkatkan karakter peserta didik, yakni karakter religious, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri. Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan etnopedagogi terbuka untuk dapat diterapkan pada level kelas dan muatan pelajaran yang berbeda, tergantung tingkat kreatifitas dan inovasi dari seorang guru.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Edi Rohyadi, Cindy Desiana, Ila Rosmilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

