Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0

  • Harimawan Harimawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Arif Budi Rahardjo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Eko Harianto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan industri 4.0 menjadi tantangan bagi dunia pendidikan, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Para guru dituntut untuk dapat menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Ada banyak kompleksitas tantangan revolusi industri 4.0 di bidang pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam industri 4.0 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disampaikan dengan deskriptif. Inovasi pembelajaran PAI diaplikasikan dengan istilah “Kaizen” yang berasal dari bahasa Jepang pada konsep Continuous Incremental Improvement. Adapun Kaizen tersebut meliputi 5 tahap yang memiliki awalan “S”, yaitu: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke.

Kata Kunci: inovasi pembelajaran, pendidikan agama Islam, industri 4.0

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Harimawan Harimawan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Bantul & Mahasiswa Magister Ilmu Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

HP/WA : 081227355574

Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Harimawan, H., Rahardjo, A. B., & Harianto, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Era Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 516-522. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.829
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 312 times
PDF downloaded: 172 times

Referensi

Abadi, G. F. (2015). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis e-Learning. Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 22(2), 127–138. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tasyri/article/view/1547

Abdullah, A. H. B. (2020). Pendidikan Islam Dalam Era Revolusi Industri 4.0. TAMADDUN, 21(1), 127–134. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1384

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Arizki, M. (2020). Pendidikan Agama Islam Era Revolusi 4.0. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(1), 52–71. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v4i2.8125

Bahri, S. (2022). Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 6(2), 133–145. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i2.1592

Elihami, E., & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press.

Jiménez, M., Romero, L., Domínguez, M., & Espinosa, M. del M. (2015). 5S methodology implementation in the laboratories of an industrial engineering university school. Safety Science, 78(March 2016), 163–172. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2015.04.022

Kholifah, N., Subakti, H., Saputro, A. N. C., & Nurtanto, M. (2021). Inovasi Pendidikan. Yogyakarta : Yayasan Kita Menulis.

Madyo, E., & Kasihadi, R. B. (1993). Dasar-Dasar Kependidikan. Semarang : Effhar Publishing.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurdin, A. (2016). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 49–64. https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i1.971

Oemar, H. (2010). Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Rahmadania, S., Sitika, A. J., & Darmayanti, A. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang*Corresponding Author. E-mail: Sintarahmadania192609@gmail.com Pendidikan dalam keluarga merupaka. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 5(2), 221–226.

Restuputri, D. P., & Wahyudin, D. (2019). Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Sebagai Upaya Pengurangan Waste Pada Pt X. Jurnal Sistem Teknik Industri, 21(1). https://doi.org/10.32734/jsti.v21i1.903

Retnaningsih, D. (2019). Tantangan dan Strategi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 23–30. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5624

Setiawan, A., & Ghani, S. R. W. (2023). Analisis Implementasi Budaya 5S dalam Penataan Laboratorium Teknik Industri Universitas Hasyim Asy’ari. Jurnal Penelitian Inovasi dan Pengelolaan Industri Jurnal Teknik Industri, 2(2), 9–17. https://doi.org/10.33752/invantri.v2i2.3738

Setiawan, F., Hutami, A. S., Riyadi, D. S., Arista, V. A., & Al Dani, Y. H. (2021). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 1–22. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809

Siswanto, Y., Alfafa, A. M., & Amiruddin. (2023). Analisis penerapan budaya 5s di laboratorium politeknik industri logam morowali. Sigma Teknika, 6(1), 25–32.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 8–19. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897

Suwondo, C. (2015). Penerapan Budaya Kerja Unggulan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) di Indonesia. 1(1), 27–45.

Syahputra, M. C., & Rini, D. P. (2021). Internalisasi Paham Kesalehan Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Cyberculture. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(2), 33–41. https://doi.org/10.24235/oasis.v5i2.7859

Utomo, S. S. (2019). Guru di Era Revolusi Industri 4.0 [Seminar Nasional IKA UNY dalam rangka Dies natalis UNY ke 5]. https://eprints.uny.ac.id/65069/