Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPS

  • La Musa Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Dyah Kumalasari Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menyelaraskan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar setiap murid. kebutuhan murid dikelompokan menjadi tiga aspek yaitu Kesiapan Belajar (Readiness), Minat Murid dan Profil belajar. Adanya pembelajaran berdiferensiasi untuk memfasilitasi suasana kelas yang beragam dengan memberikan ruang dalam meraih konten, memproses suatu ide dan meningkatkan prestasi belajar setiap murid, sehingga murid dapat belajar secara maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya pemenuhan kebutuhan belajar murid SMP Negeri 1 Palmatak pada mata pelajaran IPS, sehingga fokus penelitian ini adalah guru IPS dan kepala sekolah. Adapun Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya pemenuhan kebutuhan belajar  murid di SMPN 1 Palmatak khususnya pada mata pelajaran IPS telah dilaksanakan dengan, mengawali tes agnostik untuk mengetahui kebutuhan belajar, minat belajar dan profil belajar yang di miliki murid. Implementasi yang dilaksanakan belum terlaksana maksimal karena pembelajaran berdiferensiasi hal baru bagi mereka. Namun, Implementasi pembelajaran berdiferensiasi mulai dilakukan dengan pendekatan pada aspek konten, aspek proses dan aspek produk.

Kata Kunci: implementasi, pembelajaran berdiferensiasi, kebutuhan belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-15
Bagaimana cara mengutip:
Musa, L., & Kumalasari, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPS. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 809-814. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.826
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 119 times
PDF downloaded: 93 times

Referensi

Alhafiz, N. (2021). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133-1142.

Barnadib, I. (2004). Renungan tentang Filsafat Pendidikan Dewasa ini.Dalam Sindhunata, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan: Demokratisasi, Otonomi, Civil Society dan Globalisasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Beckmann, H. & Shöllhorn, W. I. (2006). Differenzielles Lernen im KugelstoBen. Leistungssport, 1(2), 4 4 – 5 0 .

Gray, R. (2020). Comparing the constraints led approach, differential learning and prescriptive instruction for training opposite-field hitting in baseball. Psychology of Sport & Exercise51 (2020) 101797. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101797

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran

Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Henz, D., & Schöllhorn, W. I. (2016). Differential Training Facilitates Early Consolidation in Motor Learning. Frontiers in Behavioral Neuroscience, 10, 199. doi: 10.3389/fnbeh.2016.00199

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2000). Modul Paket 2. Modul 2.1 “Memenuhi Kebutuhan

Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”. Jakarta: Kemendikbud.

Reynoso, S. R., Solana, R. S., Vaillo, R. R. & Hernandez, F. J. M. (2013). Aprendizaje diferencial aplicado al saque de voleibol en depor tistas nove les . Apunt s Educación Física y Deportes, 114 45–52

Santos, J.J.d.S., Bastos, F.H., & Souza, T.O. (2014). Contextual Interference Effect Depends on the Amount of Time Separating Acquisition and Testing . Advancesin Physical Education , 4, 102 - 109 .

Santos, S., Coutinho, D., Gonçalves, B., Schöllhorn, W., Sampaio, J., & Leite, N. (2018): Differential Learning as a Key Training Approach to Improve Creative and Tactical Behaviorin Soccer, Research Quarterly for Exercise and Sport, DOI:10.1080/02701367.2017.1412063

Schöllhorn, W. I., Mayer-Kress, G., Newell, K. M. & Michelbrink, M. (2009). Time scales of adaptive behavior and motor learning in the presence of stochastic perturbations. Human Movement Science, 28, 319–333.

Schöllhorn, W. I. (2000). Applications of systems dynamic principles to technique and strenght training. Acta Academiae Olympiquae Estniae, 8,67–85.

Tieso, Carol. (2003). Ability grouping is not just tracking anymore. Roeper Review. 26. 29-36. 10.1080/02783190309554236.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate instruction in mixed-ability classrooms 2nd Ed). Alexandria, VA: ASCD.

Wagner, H. & Müller, E. (2008). The effects of differential and variable training on the quality parameters of a hand ball throw . Sports Biomechanics ,7, 54 – 71.

Yeany, R, H & Miller, P, A. (1983). Effects of diagnostic/remedial instruction on science learning: A meta analysis. Journal of Research in Science Teaching, 19-26, https://doi.org/10.1002/tea.3660200103