Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPS
Abstrak
Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menyelaraskan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar setiap murid. kebutuhan murid dikelompokan menjadi tiga aspek yaitu Kesiapan Belajar (Readiness), Minat Murid dan Profil belajar. Adanya pembelajaran berdiferensiasi untuk memfasilitasi suasana kelas yang beragam dengan memberikan ruang dalam meraih konten, memproses suatu ide dan meningkatkan prestasi belajar setiap murid, sehingga murid dapat belajar secara maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya pemenuhan kebutuhan belajar murid SMP Negeri 1 Palmatak pada mata pelajaran IPS, sehingga fokus penelitian ini adalah guru IPS dan kepala sekolah. Adapun Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam upaya pemenuhan kebutuhan belajar murid di SMPN 1 Palmatak khususnya pada mata pelajaran IPS telah dilaksanakan dengan, mengawali tes agnostik untuk mengetahui kebutuhan belajar, minat belajar dan profil belajar yang di miliki murid. Implementasi yang dilaksanakan belum terlaksana maksimal karena pembelajaran berdiferensiasi hal baru bagi mereka. Namun, Implementasi pembelajaran berdiferensiasi mulai dilakukan dengan pendekatan pada aspek konten, aspek proses dan aspek produk.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 La Musa, Dyah Kumalasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

