Studi Literatur Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah

  • Ni Komang Suri Rahayu Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstrak

Gadget merupakan alat komunikasi yang digunakan berbagai kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Anak usia sekolah akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, dimana salah satunya akan mengalami perkembangan kognitif. Penggunaan gadget pada anak secara berlebihan akan berdampak bagi perkembangan kognitif anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget bagi perkembangan kognitif anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau literature review dengan kata kunci dampak penggunaan gadget dan perkembangan kognitif anak usia sekolah. Proses pencarian dilakukan melalui elektronik based yang terindeks seperti Google Scholer. Terdapat 7 artikel yang relevan dengan dampak penggunaan gadget dan 5 artikel yang relevan dengan dampak penggunaan gadget bagi perkembangan kognitif anak usia sekolah. Hasil dari kajian studi literatur ini adalah gadget sangat mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia sekolah baik dari sisi positif maupun sisi negatif. Kurangnya pengawasan dari orang tua akan memberikan dampak negatif pada perkembangan kognitif anak namun jika gadget digunakan dengan tepat maka akan memberikan dampak positif yakni meningkatkan kemampuan kognitif anak usia sekolah.

Kata Kunci: Dampak Gadget, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Sekolah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-30
Bagaimana cara mengutip:
Rahayu, N. K. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Studi Literatur Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 344-349. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.822
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 1613 times
PDF downloaded: 1161 times

Referensi

Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1493.

Agustina, N. I. M., Ismaya, E. A., & Pratiwi, I. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak. Jurnal Basicedu, 6(2), 2547–2555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2465

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675

Asmaul Chusna, Puji. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 17(2), 315-330.

Baihaqy, A. H., Maha, I. K., Turnip, R. H., & Bahri, S. Y. (2018). The Impact of Gadgets on Children. Journal of Cahaya Mandalika, 2(1), 97–110.

Bangsawan, I., Ridwan, R., & Fauziyah, N. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 31–39. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24067

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22.

Fakhrudin, A. U. (2018). sukses menjadi guru PAUD. PT Remaja Rosadakarya. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Gadgets; Attitude. (2021). 2(5), 856–866.

Harsela, F., & Qalbi, Z. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 11(1), 27–39.

Marpaung, Junierissa. 2018. "Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan." Jurnal Kopasta 5 (2): 55-64.

Multidiscipline, I., Pada, K., & Sekolah, A. (n.d.). 109-Article Text-453-1-10-20221130. 3(1), 24–31.

Oktaviyati, F., Faridawati, D., Siswanti, I. W., Havana, R. F., & Handayani, R. (2023). Analisis Dampak Radiasi Gadget terhadap Perkembangan Motorik dan Kognitif Anak. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 7(1), 74–80.

Rahayu Z, S. P., Tri Mutya, M. F., Rahmi, & Muliati, R. (2022). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak pada Masa Early Childhood. Psyche 165 Journal, 15(4), 140–145. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v15i4.201

Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. oktavianti. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414

Witarsa, R., Mulyani, R. S., Urhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Pedagogik, VI(1), 9–20.

Wulandari, D., & Lestari, T. (2021). Pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1689–1695. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1162?articlesBySameAuthorPage=2