Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika

  • Agnes Alfi Khairuni Sirait Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Medan Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Asrifah Siahaan Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Medan Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Daniel Samosir Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Medan Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Della Permata Rahmah Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Medan Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Hasratuddin Hasratuddin Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana, Universitas Negeri Medan Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kemampuan komunikasi matematika siswa. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan sistematis, yang meliputi pengumpulan, evaluasi, dan sintesis data dari berbagai sumber akademik seperti jurnal, buku, dan artikel ilmiah terkait model RME dan teori belajar Vygotsky dalam konteks pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model RME secara signifikan berkontribusi pada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, integrasi teori belajar Vygotsky mendukung proses pembelajaran melalui interaksi sosial yang memperkuat kemampuan komunikasi matematika. Pendekatan RME yang menghubungkan matematika dengan konteks dunia nyata memberikan pengalaman belajar yang bermakna, sehingga memudahkan siswa dalam memahami dan mengkomunikasikan konsep matematika secara efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa model RME layak dijadikan strategi utama dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas pemahaman dan komunikasi matematika siswa.

Kata Kunci: Realistic Mathematics Education Model, Pemahaman Konsep Matematika, Komunikasi Matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-07-18
Bagaimana cara mengutip:
Sirait, A. A. K., Siahaan, A., Samosir, D., Rahmah, D. P., & Hasratuddin, H. (2025). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Pemahaman Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1562-1568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.818
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 72 times
PDF downloaded: 28 times

Referensi

Damayanti, N. W., Sari, S. N., & Mahrdika, L. T. (2017). Analisis Keslahan Siswa Dalam Mamahami Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, IV(1): 1-7.

Dawana, M. M., Fadly, M., & Gunawan, A. (2022). E-book learning research in physics education during the last five years: A review and bibliometric study. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 012016.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106-113.

Hutami, Erma Wahyu, et al. (2019). Identifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis pada Soal USBN Matematika SD/MI Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 7(2):1-10

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27–36.

Indriani, N., Salsabila, Z. P., & Firdaus, A. N. A. (2022). Pemahaman Konsep Perkalian dengan Menggunakan Metode RME pada Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 105-113.

Komarudin, K., Yuberti, Y., Pratiwi, D. D., Afandi, M., Wardani, R., & Puspita, L. (2022). Improving Students' Mathematic Concept Understanding Viewed from Self-Efficacy with RME-Based Krulik Rudnick Heuristic Learning Model. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(3), 330-340.

Lady, A., Utomo, B. T., & Lovi, C. (2018). Improving mathematical ability and student learning outcomes through realistic mathematic education (RME) approach. International Journal of Engineering and Technology, 7(2), 55–57.

Lubis, R., Ahmad, M., & Simanullang, S. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Swasta Advent Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 48-60.

Nafia, S. I., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2023). Pengaruh Model Rme Berbantuan Media Pemath Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(2), 52-60.

Nuzuli, A. K. (2023). Dinamika Motivasi Belajar Mahasiswa yang Sudah Menikah di IAIN Kerinci. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, volume 9, nomor (2), 47-56.

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) Pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888-1899.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci, VI(1), 1-7.

Russefendi, E.T. (2010). Perkembangan Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80.

Sastia, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(1), 30-35.

Sietohan, I., & Liliani, A. (2018). Komunikasi dalam organisasi: Teori dan aplikasi. Penerbit XYZ.

Siswadi, S., & Saminah, S. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa Materi Bilangan Kelas Vii Mts. Islamiyah Petangguhan. Journal of Maritime and Education (JME), 2(2), 129-133.

Sukayati. (2003). Media Pembelajaran MatematikomRlubiska Sekolah Dasar (Makalah Pelatihan Superfisi Pengajaran Untuk SD, Tanggal 19 Juni s.d. 02 Juli 2003).Yogyakarta: PPPG Matematika.

Wayan Widana. (2021). "Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia," Jurnal Elemen, vol. 7, no. 2, pp. 450-462, Jul. 2021.