Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar

  • Zulfi Idayanti Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muh. Asharif Suleman Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muhammad Najib Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ani Khoirotun Nisa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan membaca dan menulis memiliki peranan krusial dalam proses pembelajaran. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis yang sama pada usia dini, terutama di kelas I dan II. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya yang dilakukan oleh guru dalam menangani siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis pada tingkat kelas I dan II. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi. Sumber data penelitian yaitu guru kelas I dan II serta siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan berbagai strategi pengajaran, diantaranya guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang masih kesulitan dalam membaca dan menulis, membimbing siswa untuk menulis huruf dengan benar dan memberikan jam tambahan sebelum pembelajaran berlangsung. Selanjutnya, siswa dikumpulan dalam satu tempat, untuk belajar membaca dan menulis dengan menggunakan bahan ajar seperti buku jilid membaca dan huruf abjad. Selain itu, terdapat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi. Faktor internal dari lingkungan keluarga yang kurang mendorong siswa untuk terlatih belajar membaca, sehingga kemampuan membacanya masih kurang. Sedangkan faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan bermain termasuk teman-temannya. Dengan demikian, penelitian ini memberi manfaat sebagai contoh upaya yang dapat dilakukan pendidik khususnya guru jika dihadapi oleh keadaan yang sama, yaitu peserta didik yang masih kesulitan membaca dan menulis.

Kata Kunci: upaya guru, kesulitas membaca, kesulitan menulis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-23
Bagaimana cara mengutip:
Idayanti, Z., Suleman, M. A., Najib, M., Nisa, A. K., & Prasetyo, A. E. W. A. (2024). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Siswa Kelas I dan II Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 689-694. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.817
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 547 times
PDF downloaded: 257 times

Referensi

Abdullah, H., Bagus, H., & Ardiansyah, I. N. (2022). Sosialisasi Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak di Era Digital Madrasah Ibtidaiyah Gunung Bunder II, Pamijahan Jawa Barat. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 61–64. https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2690

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128–1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Harini, I. N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29–46. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.128

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307.

Helmi, N. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Menghitung (Studi Kasus Pada SDN Kuta Pasie Kabupaten Aceh Besar). UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

Ilahi, N. W., & Imaniyati, N. (2016). Peran Guru Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 99. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3343

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029.

Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, December, 203–2017. https://osf.io/va3fk

Maryani, V. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca, Menulis, dan Berhitung Pada Siswa Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 20 Kaur. IAIN Bengkulu.

Nashoih, A. K., & Darmawan, M. F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Nahwu Berbasis Kontrastif Untuk Mengatasi Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 335. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1008

Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69.

Pontoh, W. P. (2013). Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa, I(I), 1–11.

Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampiln Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Kelas IV. 4, 220–229.

Rohmah, N. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Pada Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) di MI Nahdlatul Ulama Gribig Kudus. IAIN KUDUS.

Saliza, S. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Saputri, N. I. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas IIB SD Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. IAIN.

Simatupang, H., & Purnama, D. (2019). Handbook Best Praktice Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Media Guru.

Suryani, W., Mahluddin, M., & Mukminin, A. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Anak Yang Kesulitan Membaca Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajiririn Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Tantri, A. A. S., & Dewantara, I. P. M. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209.

Wijaya, M. (2021). Peningkatam Keterampilan Guru Kelas dalam Mengajar IPA dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik. 8(84), 18–25.

Wu, M., Siswanto, I., & Ko, C. (2017). The influential factors and hierarchical structure of college students’ creative capabilities—An empirical study in Taiwan. Thinking Skills and Creativity, 26, 176–185. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.006

Yasa, A. D. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Di Sdn Sambigede 03. Warta LPM, 21(2), 90–95. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6027