Penggunaan Moda Pembelajaran Google Jamboard pada Persamaan Trigonometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

  • Partini Partini SMA Negeri 1 Ngaglik,  Indonesia

Abstrak

Pencapaian dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan topik persamaan trigonometri dengan menggunakan moda pembelajaran Google Jamboard pada siswa kelas XI MIPA3 di SMA Negeri 1 Ngaglik selama tahun ajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan. Dalam penelitian tindakan kelas dilibatkan peserta didik sebanyak 35 siswa. Data dikumpulkan melalui jurnal harian, wawancara tanpa struktur, dokumentasi, dan uji pada setiap siklus. Secara kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis data melalui beberapa langkah, seperti merangkum data, menyajikan informasi, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Google Jamboard dalam pembelajaran persamaan trigonometri mampu meningkatkan prestasi belajar matematika sehingga siswa semakin paham dan berkembang. Temuan tersebut diperkuat oleh analisis data yang menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus I dinilai baik dan hasil nilai ulangan peserta didik hingga siklus II menunjukkan bahwa 86% dari mereka telah mencapai standar belajar yang ditetapkan, yakni nilai setara atau lebih besar dari 77.

Kata Kunci: moda pembelajaran, google jamboard, prestasi belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-07-21
Bagaimana cara mengutip:
Partini, P. (2024). Penggunaan Moda Pembelajaran Google Jamboard pada Persamaan Trigonometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1740-1745. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.816
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 37 times
PDF downloaded: 21 times

Referensi

Asril, C.M., et al. (2021) Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Anggeraja. Journal Lepa-Lepa Open, 1(2), 312-319.

Christiana, L. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon. Sci. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 124–131, doi: 0.51878/science.v1i2.423.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya, Yogyakarta: Gava Media.

Frasetio, W., & Rosida, V. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Alat Peraga Lingkaran Trigon Pada Materi Trigonometri Kelas X MIA 1 SMAN 2 Pangkep. Poligon: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61-73.

Hapsara, A. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Tugas Menonton Tayangan “Ethnic Runaway” SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 65-82.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Kaliky, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Siswa Kelas X1 SMA Muhammadiyah Ambon. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 68-86.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martika, Ni Putu Yuna, et al. (2018). Penerapan Program Guru PembelajaranModa Daring Kombinasi terhadap Hasil Uji Kompetensi Guru. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7(2).

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38.

Rafael, A. M. D. & Einstein, J. (2022). Pemanfaatan Google Jamboard Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5, 2621–1467.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Palembang: Rineka cipta.

Sugiarta, I.M., et al. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136.

Wigati. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas X-7 Semester 2 SMA 15 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. JKPM, 3(2).

Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.