Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar

  • Noptario Noptario UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Nikentari Rizki UIN Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Nur’aini Nur’aini UIN Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Effiana Cahya Ningrum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum merdeka sangat berorientasi pada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga peran guru dalam kurikulum merdeka berbeda dengan kurikulum yang berfokus pada guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, guru sebagai fasilitator dengan mengarahkan dan membimbing siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan keinginanya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apa saja yang dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka sebagai upaya penguatan keterampilan abad 21 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian Field Research. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara yang dilakukan secara mendalam, untuk menggali informasi mengenai peran guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Narasumber dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan guru kelas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data tematik dengan tahapan memahami data, pengkodean data dan penentuan tema. Peran guru dalam pelaksanaan kurikulum merdeka sebagai upaya penguatan keterampilan abad 21 di Sekolah Dasar dilakukan dengan berbagai cara, dari melakukan asesmen diagnostic, melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, fasilitator pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek. Implikasi yang akan dirasakan oleh siswa dalam upaya yang dilakukan guru dalam kurikulum merdeka, meliputi peningkatan kemampuan untuk berfikir kritis karena menggunakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, peningkatan kemampuan bekerjasama dan berkolaborasi di realisasikan melalui pembelajaran berbasis proyek, menjalin komunikasi yang baik dengan siswa lainya, belajar sesuai minat dan keinginan dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila kurikulum merdeka di implementasikan sesuai dengan prosedural, maka akan berimplikasi pada penguatan keterampilan abad 21 siswa.

Kata Kunci: Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Keterampilan Abad 21, Siswa, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-22
Bagaimana cara mengutip:
Noptario, N., Rizki, N., Nur’aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 656-663. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 261 times
PDF downloaded: 184 times

Referensi

Aparicio-Molina, C., & Sepúlveda-López, F. (2023). Teacher Professional Development: Perspectives from a Research Experience with Teachers. Revista Electronica Educare, 27(2). Scopus. https://doi.org/10.15359/ree.27-2.15870

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Baştaş, M. (2022). Evaluation of the impact of technology and human resources on quality in higher education. In Mobile and Sensor-Based Technologies in Higher Education (pp. 133–148). Scopus. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-5400-8.ch006

Chaisri, R. R., Satjapiboon, S., & Rueangkitchanan, A. (2023). Learning innovations for developing teachers’ competencies in thai communication in the 21st century. In Developing Skills and Competencies for Digital and Green Transitions (pp. 100–128). Scopus. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-9089-1.ch005

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Danniels, E., & Pyle, A. (2023). Inclusive Play-Based Learning: Approaches from Enacting Kindergarten Teachers. Early Childhood Education Journal, 51(7), 1169–1179. Scopus. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01369-4

Dikta, P. G. A. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke-21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3103

Hasanov, K., Agayeva, K., & Shefer, O. (2023). Digital Technologies and Its Impact on the Quality of Human Resources in Azerbaijan (In the Case of Construction Industry in Line with Education System). Lecture Notes in Civil Engineering, 299, 689–696. Scopus. https://doi.org/10.1007/978-3-031-17385-1_57

He, M., Ratanaolarn, T., & Sitthiworachart, J. (2024). Design and Implementation of Online Gaming for Learning Motivation and Achievement Improvement in Computer Information Technology Curriculum. Computer-Aided Design and Applications, 21(s5), 268–280. Scopus. https://doi.org/10.14733/cadaps.2024.S5.268-280

Kaya, E., Karatana, Ö., & Yıldırım, T. Ö. (2023). The relationship between the online learning process, 21st century skills and work readiness in senior nursing students. Nurse Education in Practice, 73. Scopus. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103801

Marnewick, C. (2023). Student experiences of project-based learning in agile project management education. Project Leadership and Society, 4. Scopus. https://doi.org/10.1016/j.plas.2023.100096

Nazarian, M., Alsheikh, N., & Alhosani, M. (2024). Between Vision and Revision: English Language Teachers Accentuating Their Voices about 21st Century Skills. International Journal of Learning in Higher Education, 31(1), 25–50. Scopus. https://doi.org/10.18848/2327-7955/CGP/v31i01/25-50

Noptario, Hulkin, M., & Nordin, T. S. N. bin. (2023). Transitioning from National Examinations to Computer-Based National Assessments: Teachers’-Students’ Perceptions and the Impact on Islamic Education. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-10

Noptario, N., Latifah, A., Fitria, H., & Zulfa, F. N. (2023). Application of the Skilbeck Model Curriculum Development in Elementary Schools in School Quality Assurance Efforts. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 9(1), 82–92. https://doi.org/10.19109/jip.v9i1.17101

Purnomo, A. R., Yulianto, B., Mahdiannur, M. A., & Subekti, H. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433. Scopus. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23

Rahayu, R., Rizky, V. B., & Hidayat, N. (2023). The Role Of Civic Education Teachers In Improving Students’ Moral Values In Elementary Schools. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 13(1), 77–87. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v13i1.8282

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sørensen, A., Lagestad, P., & Mikalsen, H. K. (2023). Student Teacher Experiences of Learning and Pedagogical Involvement Using a Student-Centered Learning Approach. Education Sciences, 13(9). Scopus. https://doi.org/10.3390/educsci13090965

Subando, J., Kartowagiran, B., & Munadi, S. (2021). Development of curriculum design evaluation instruments in strengthening Al-Irsyad ideology in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1426–1435. Scopus. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21758

Suyadi, Wahyu Asmorojati, A., Yudhana, A., Nuryana, Z., & Binti Siraj, S. (2022). COVID-19 ambassadors: Recognizing Kampus Mengajar at the Merdeka Belajar Kampus Merdeka program humanitarian projects in the tertiary education curriculum. Frontiers in Education, 7. Scopus. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.902343

Wardani, H. K., Sujarwo, Rakhmawati, Y., & Cahyandaru, P. (2023). Eanalysis Of The Impact Of The Merdeka Curriculum Policy On Stakeholders At Primary School. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(2), 513–530. Scopus. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i2.801

Wester, A. J., Westhoff, J., Kessels, R. P. C., & Egger, J. I. M. (2013). The Montreal Cognitive Asesment (MoCA) as a measure of severity of amnesia in patients with alcohol-related cognitive impairments and Korsakof syndrome. Clinical Neuropsychiatry, 10(3–4), 134–141. Scopus.

Wu, W., Liu, Y., & Li, Z. (2023). Subband Differentiated Learning Network for Rain Streak Removal. IEEE Transactions on Circuits and Systems for Video Technology, 33(9), 4675–4688. Scopus. https://doi.org/10.1109/TCSVT.2023.3246953