Implementasi Ideologi Pendidikan Matematika pada Pendidikan Guru Penggerak

  • Sorta Corie Ivana Panjaitan SMP Negeri 3 Jorlang Hataran, Simalungun, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Elmanani Simamora Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Peran penting guru dalam pendidikan mendasari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi mengeluarkan Program Guru Penggerak pada episode ke-5 Merdeka Belajar. Matematika sebagai mata pelajaran yang diajarkan pada peserta didik dari tingkat paling menengah sampai pada perguruan tinggi memerlukan guru atau pendidik yang handal dan profesional. Filosofi atau Ideologi matematika menyadarkan guru untuk menjadi lebih profesional. Guru yang  memahami asal usul maupun metode pengembangan Ideologi Pendidikan secara khusus pendidikan matematika akan mampu mempersiapkan diri memberikan pembelajaran yang lebih baik di kelas. Melihat bagaimana implementasi ideologi Pendidikan Matematika pada Program Pendidikan Guru Penggerak, lebih spesifik pada materi-materi pendidikan dan latihan yang diterima saat mengikuti pendidikan guru penggerak,  secara epistemologi dan etis semakin mengokohkan pandangan setiap guru terkhusus guru matematika diharapkan mengikuti program guru penggerak untuk menjadi lebih profesional pada bidangnya. Ideologi Pancasila sejalan dengan Ideologi Pendidikan Matematika Progressive Educator dan Public Educator.

Kata Kunci: ideologi, pendidikan matematika, guru penggerak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sorta Corie Ivana Panjaitan, SMP Negeri 3 Jorlang Hataran, Simalungun, Sumatera Utara

Sorta Corie Ivana Panjaitan, M. Pd., lahir di Medan, 8 September 1980. Pendidikan SD, SMP dan SMA Penulis Tempuh di Medan, Sumatera Utara. Sedangkan Pendidikan Sarjana diselesaikan pada tahun 2003 di Universitas Negeri Medan pada program studi Pendidikan Matematika dan menyelesaikan pendidikan Magister pada tahun 2014 pada program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Mulai tahun 2003 mengajar Matematika di SMP Negeri 1 Raya Kahean, mutasi ke dua SMP Negeri di Simalungun, hingga saat ini bertugas sebagai guru Matematika yang mendapat tugas tambahan Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Jorlang Hataran. 

Diterbitkan
2023-12-21
Bagaimana cara mengutip:
Panjaitan, S. C. I., Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Implementasi Ideologi Pendidikan Matematika pada Pendidikan Guru Penggerak. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 325-332. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.812
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 140 times
PDF downloaded: 107 times

Referensi

Dewi, A. C. N. I. (2023). Penerapan Ideologi Dan Tujuan Pendidikan Matematika secara Epistemologi dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pionir, 9(1).

Ernest, Paul. (2016). The Philosophy of Mathematics Education Today, ICME-13 Monographs. Humberg, Springer.

Ernest, Paul. (1991). The Philosophy of Mathematics Education. University of Exeter: School of education

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Hasanah, A. H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(10), 6-14.

Videnović, M. (2021). Commentary on Paul Ernest’s Theory about Teachers’ Beliefs and Practice. Indonesian Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.31002/IJOME.V4I1.3634

Rizqi, N.R., & Dewi, I. (2022). Mathematics Learning in the Era of Society 5.0 in Terms of the Objectives and Ideology Of Mathematics Education. EDUTEC : Journal of Education And Technology.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2020). Buku Pegangan Lokakarya Luring_rev_210409

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2020) Buku Panduan Pendidikan Guru Penggerak, Guru Bergerak Indonesia Maju untuk Calaon Guru Penggerak.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, (2023, 10 Desember). Cari Tahu tentang Pendidikan Guru Penggerak. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Rizal, S. (2023). Pendampingan Komunitas Guru RA Menjadi Guru Penggerak di Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Jember. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 187-210.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1-12

Sijabat, O.P., Manao, M.M., Situmorang, A.R., Hutauruk, A.J., & Panjaitan, S.M. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)

Simangunsong, V.H. (2021). Hubungan Filsafat Pendidikan dan Filsafat Matematika dengan Pendidikan. Sepren.

Toenlioe, A. J. (2014). Teori dan Filsafat pendidikan. Penerbit gunung samudera [grup penerbit pt book mart indonesia].