Implementasi Pembelajaran Kolase sebagai Upaya Edukasi Fauna di Sekolah Dasar

  • Cahaya Safitri Ningsih Magister Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh Rusnoto Magister Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang fauna Indonesia melalui pembelajaran kolase. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Puro Pakualaman 1 yang terdiri dari 7 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perbandingan rerata hasil pretes dan postes. Hasil penelitian diperoleh data rerata nilai mengalami peningkatan sebesar 22%. Dengan demikian pembelajaran kolase mampu menambah pemahaman siswa tentang fauna Indonesia. Pembelajaran kolase yang dilakukan mampu menumbuhkan rasa semangat anak untuk mengikuti pembelajaran yang dilakukan.

Kata Kunci: Edukasi Fauna, Pembelajaran Kolase, Siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Cahaya Safitri Ningsih, Magister Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama saya Cahaya Safitri Ningsih, Saya seorang guru sekolah dasar di SDN Puro Pakualaman 1 Yogyakarta. Saya mengajar kelas 2 SD. Alamat di Jl. Harjowinatan No.15 Yogyakarta. Saat ini saya sedang melanjutkan Pendidikan di pascasarjana Pendidikan dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. No. HP/WA : 085643305959.

Diterbitkan
2024-01-18
Bagaimana cara mengutip:
Ningsih, C. S., & Rusnoto, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Kolase sebagai Upaya Edukasi Fauna di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 645-648. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.805
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 133 times
PDF downloaded: 122 times

Referensi

Ayu PN. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Kolase Berbasis Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas Iv Mis Nurul Yaqin Sungai Duren.

Dewi D. (2014). Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Kelompok B Semester II PAUD Kumara Loka Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.352

Irfansyah J. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIEET: Journal Information Engineering and Educational Technology, 01(012017), 9-17. https://doi.org/10.26740/jieet.v1n1.p9-17

Lesto D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kolase pada Materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Berbasis Bahan Ramah Lingkungan pada Siswa kelas IV SDN Karetan Kabupaten Luwu. Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Lubis RA herawati. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Flora Dan Fauna Di Indonesia Pada SD03 Cakung JakartaTimur. Jurnal Penelit Ilmu Komputer, 7(2), 199–210. https://doi.org/10.33558/piksel.v7i2.1841

Miftah M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. KWANGSAN, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p1--12

Oktavianti, Rizki, Wiyano agus. (2014). Pengembangan Media Gayanghetum dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. 1(1), 65–70.

R SM& SV. (2013). Kreasi Kolase, Montaze,. Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.

Muhararr Syakir, Verayanti Sri. (2013). Kreasi Kolase Montase dan Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.

Sakdiah H. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengembangkan Kreativitas Melalui Karya Kolase di Kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh. Banda Aceh, Banda Aceh, Indonesia.

Sitoresmi A. (2021). Pengertian Kolase, Jenis-Jenis, Unsur, Teknik membuatnya, dan contohnya. https://hot.liputan6.com/read/4703407/pengertian-kolase-jenis-jenis-unsur-teknik-membuatnya-dan-contohnya.

Sulistyo, W. D., Lukmanul K, M. N., & Kurniawan, B. (2020). The Development of ’JEGER’ Application Using Android Platform as History Learning Media and Model. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(07), 110–122. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i07.11649

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreatifitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.