Penerapan Prinsip-Prinsip Esensialisme dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah

  • M. Ferry Irawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sinta Bella UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Upaya penyelesaian target materi sesuai kurikulum yang berlaku, seringkali menyebabkan pendekatan pembelajaran yang fokus ke banyaknya materi yang diajarkan daripada memastikan siswa benar-benar mengerti setiap hal yang diajarkan. Prinsip esensialisme mendorong fokus pada pemahaman konsep-konsep kunci, bukan hanya pada cakupan luas materi. Di tengah diskusi tentang berbagai pendekatan pembelajaran dalam pendidikan IPA di Madrasah Ibtidaiyah, pertanyaan muncul mengenai relevansi dan penerapan prinsip-prinsip esensialisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip esensialisme dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar palembang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti dari Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip esensialisme dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah memiliki dampak positif yang signifikan. Penerapan prinsip esensialisme membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep dasar IPA, fokus pada inti pengetahuan dan keterampilan, dan meningkatkan minat mereka dalam mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, pendekatan ini dapat menjadi dasar yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar terkhusus dalam bidang IPA.

Kata Kunci: Esensialisme, Ilmu Pengetahuan Alam, Madrasah Ibtidaiyah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Irawan, M. F., & Bella, S. (2024). Penerapan Prinsip-Prinsip Esensialisme dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 523-530. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.799
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 274 times
PDF downloaded: 145 times

Referensi

Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran: Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Kencana.

Candra, N. K., Jeanny, C., Setiawan, M., & Ahmad, N. (2023). Analisis Tantangan Guru Ipa SMP Di Indonesia Dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terintegrasi STEM. FKIP e-PROCEEDING, 98–102.

Gutek, G. L. (1997). Philosophical and Ideological Perspectives on Education. Second Edition. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02194.

Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87–95.

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society ) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Prosiding KPSDA, 1(1), Article 1. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kpsda/article/view/5386

Lestari, H., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Eksploratif Berkonteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 48–59. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1401

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359

Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.984

Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.53

Rahmaniah, R. (2022). Peranan Filsafat Esensialisme sebagai Landasan Filosofis Pendidikan IPS. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 259–268. https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.172

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Esensialisme dan Perspektifnya terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).107-114

Rohaeti, E. E. (2012). Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates. Infinity Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p186-191

Rosida, S., & Erman, E. (2021). Tantangan Guru Dalam Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Saintifik 5M di SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), Article 2.

Rukiyati, P., & Purwastuti, L. (2015). Mengenal filsafat pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses online: http://staffnew. uny. ac. id/upload/131763780/pendidikan/bpk-mengenal-filsafat-pendidikan. pdf.

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. NIẒĀMUL`ILMI : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.1042/nizamulilmi.v7i1.124

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796

Subekti, A. S., & Kurniawati, L. A. (2020). Pelatihan Mendesain Pembelajaran Daring Menarik Selama Pandemi Covid-19 dengan Teknologi Pembelajaran Sederhana. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4679

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Supeno, Prihandono, T., Lesmono, A. D., Kusumawati, E., & Nurhidayati, M. I. (2022). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendalaman Materi Esensial Bagi Guru MGMP Fisika Madrasah Aliyah Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.3532

Syahrijar, I., Supriadi, U., & Fakhruddin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Melalui Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Eksploratif di SMA Negeri 15 dan SMA Alfa Centauri Kota Bandung). Journal on Education, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2389

Waluyo, T., Fauziati, E., & Maryadi, M. (2023). Pendidikan karakter dalam pembelajaran Budaya Melayu di Sekolah Dasar Muhammadiyah Ukui: Suatu pendekatan Esensialisme. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.13808