Project-based learning: Mencapai Tujuan Kurikulum melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

  • Havifa Nurhijatina Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,  Indonesia
  • Nabila Joti Larasati Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,  Indonesia
  • Zulhijrah Zulhijrah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,  Indonesia
  • M. Ferry Irawan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,  Indonesia
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia Sebagian besar diatributkan pada pemberian peran yang tidak proporsional terhadap sekolah, kurangnya perencanaan pembelajaran yang memadai, pelaksanaan pembelajaran yang belum optimal, manajemen sistem kurikulum yang kurang efektif, serta penerapan pengukuran hasil belajar yang terfokus pada aspek kognitif. Penelitian ini bertujuan ini untuk mendeskripsikan implementasi project-based learning dalam menunjang pencapaian tujuan kurikulum pada projek penguatan profil Pancasila di Sekolah Dasar Negeri Samirono, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Adapun teknik untuk menjamin keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang melalui tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi project-based learning merupakan sebuah model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan kurikulum terkait dengan pengembangan potensi serta pengembangan profil pelajar Pancasila.

Kata Kunci: Project-based learning, P5, Tujuan kurikulum, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-03-02
Bagaimana cara mengutip:
Nurhijatina, H., Larasati, N. J., Zulhijrah, Z., Irawan, M. F., & Prastowo, A. (2024). Project-based learning: Mencapai Tujuan Kurikulum melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 942-949. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.792
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 170 times
PDF downloaded: 75 times

Referensi

Agustriyanda, R., Setiawan, W., Rahman, E. F., & Praja, B. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI di SMKN 4 Bandung. Jurnal Guru Komputer, 1(1), 31–39.

Darman, R. A. (2021). Telaah Kurikulum (Guepedia, Ed.; 1st ed.). Guepedia.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita, Ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Jakad Media Publishing.

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sman 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9307

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (Fayer, Ed.; Pertama). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Indra Yani, L., & Taufik, T. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 171. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.12132

Irawan, M. F., Zulhijrah, Z., & Prastowo, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20716

Martati, B. (2022). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 14–23.

Mujiburrahman, Suhardi, M., & Hadijah, S. N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900

Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 1st ed.). CV Alfabeta.

Susilawati, E. (2021). Project Based Learning (PjBL) Learning Model during The Covid-19 Pandemic. 4(5), 1389–1394.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Vebrianto, R., Husna, L. Al, Nupus, A. H., Aries, D., Fitrika, & Anjani, G. (2021). Bahan Ajar IPA Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Versi Daring (R. Vebrianto, L. Al Husna, & I. Marhani, Eds.; 1st ed.). Dotplus Publisher.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahyuni, S. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di SDN 131/IV Jambi. iv.

Yulianti, M., Anggraini, D. L., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 290–298.