Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Robot Line Follower Berbasis STM32

  • Syamsul Jamal SMK Negeri 1 Tambelangan, Sampang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan menilai keefektifan alat latih robot line follower berbasis STM32 sebagai sumber edukasi dalam pembelajaran Sistem Kendali Robotika pada Program Studi Teknik Elektronika Industri SMK di Kabupaten Sampang. Teknik penelitian menganut model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang awalnya dikemukakan oleh Robert Maribe Branch. Tahap Analisis memerlukan instrumen pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi akademik siswa. Tahap Perancangan berfokus pada pengembangan komponen elektronik (pengendali, sensor, dan driver aktuator) yang sesuai untuk SMK di Kabupaten Sampang. Selama tahap Pengembangan, peneliti menggunakan pendekatan pengembangan waterfall untuk mendefinisikan komponen secara tepat, membuat desain mekanis, menulis kode perangkat lunak, dan melakukan pengujian untuk sistem robot line follower. Tahap Implementasi meliputi penilaian kepraktisan dengan ahli media dan melibatkan siswa kelas XII secara aktif yang saat ini terdaftar pada Program Studi Teknik Elektronika Industri di SMK se-Kabupaten Sampang. Tahap Evaluasi menggunakan kuesioner skala Likert yang menyajikan empat pilihan untuk mengukur persepsi responden terhadap pelatih robot line follower berbasis STM32. Kesesuaian alat latih robot line follower berbasis STM32 sebagai alat bantu pengajaran dinilai berdasarkan dua faktor: (1) Kualitas media memperoleh skor rata-rata 22,34 yang berarti “dapat dicapai”. Kualitas materi mencapai skor rata-rata 28,51 yang juga tergolong “layak”. Oleh karena itu, alat latih robot line follower berbasis STM32 dinilai cocok untuk mengajar mata pelajaran Sistem Kendali Robotika. Baik tes awal maupun tes akhir menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan sebesar 76,8% setelah dilibatkan dalam program pelatih robot line follower berbasis STM32 di SMK di Kabupaten Sampang.

Kata Kunci: ADDIE, Trainer Robot Line follower, Media Pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-26
Bagaimana cara mengutip:
Jamal, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Robot Line Follower Berbasis STM32. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 710-718. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.784
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 224 times
PDF downloaded: 139 times

Referensi

Arief S, S. M. (2011). Media Pendidikan Pengertian, pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. rev. ed. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Deni Darmawan. (2014). Inovasi pendidikan pendekatan praktik teknologi multimedia dan pembelajaran on-line. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eko Putro, W. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. rev.ed. Jakarta: Rajawali pers.

Fahmi, N.W, & Zuhrie, S.M. (2021). Pengembangan trainer robot transporter dan pemadam api line follower berbasis arduino nano sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengendali sistem robotik di SMK Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 123-133.

Fatchurrohman, FA. (2014). Robot line follower PID sebagai media pembelajaran aplikasi mikrokontroller di jurusan teknik elektronika fakultas teknik universitas negeri yogyakarta. Yogyakarta: Perpus UNY.

Harianto, M, & Santosa, B.A. (2019). Pengembangan trainer robot line follower berbasis mikrokontroller arduino untuk mata pelajaran mikroprosesor dan mikrokontroller di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 261-267.

Nana Sudjana, & Drs. Ibrahim, MA. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Robert Maribe Branch. (2009). instructional design: The ADDIE Approach. USA: Springer Science Business Media.

Rudi Susilana. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UI.

Setiawan, Aji. (2011). Line follower robot sebagai media pembelajaran pada study club robotika di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta: PPs UNY.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sujito,S, Sendari,S, Elmunsyah,H, Jiono, M, Santika Agustin, R, & Tahfidlul Azmi, M. (2021). Pengembangan robot line follower dan revitalisasi pembelajaran abad 21 menuju era society 5.0 di SMK Negeri 1 Kras Kediri. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (hal. 220-225). Riau: LPPM Universitas Riau.