The Power of English Music to Improve Students' Listening Skills
Abstrak
Penelitian ini mengamati efektivitas penggunaan musik bahasa Inggris sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada sekelompok 132 siswa. Snowball sampling digunakan untuk memilih sampel sebanyak 54 siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan lagu bahasa Inggris sebagai alat pembelajaran, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pengajaran tradisional. Penelitian ini menjelaskan bagaimana lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Selain itu, penelitian ini berupaya memahami penyebab buruknya keterampilan mendengarkan siswa sehingga dapat diterapkan penanganan yang tepat di kelas. Hasil penelitian mengungkapkan adanya dampak positif yang signifikan terhadap keterampilan mendengarkan siswa ketika belajar melalui lagu berbahasa Inggris. Metode ini secara substansial meningkatkan keterampilan mendengarkan kelompok eksperimen. Penelitian ini menunjukkan bahwa memasukkan lagu dan lirik ke dalam kelas adalah metode paling efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Hasil positif ini disebabkan oleh respon siswa yang baik dan peningkatan keterampilan pemahaman mendengarkan. Kesimpulannya, penelitian ini menganjurkan integrasi musik Inggris ke dalam pendidikan bahasa sebagai alat yang ampuh untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan. Umpan balik positif dari siswa dan peningkatan yang ditunjukkan dalam pemahaman mendengarkan menggarisbawahi efektivitas pendekatan pedagogi inovatif ini. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik bahasa dan pengembang kurikulum yang mencari metode inovatif dan menarik untuk meningkatkan penguasaan bahasa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Roudhotun Nadiyya, Suryadi Suryadi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)