The Power of English Music to Improve Students' Listening Skills

  • Roudhotun Nadiyya STKIP Situs Banten, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Suryadi Suryadi STKIP Situs Banten, Kota Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mengamati efektivitas penggunaan musik bahasa Inggris sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada sekelompok 132 siswa. Snowball sampling digunakan untuk memilih sampel sebanyak 54 siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan lagu bahasa Inggris sebagai alat pembelajaran, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pengajaran tradisional. Penelitian ini menjelaskan bagaimana lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Selain itu, penelitian ini berupaya memahami penyebab buruknya keterampilan mendengarkan siswa sehingga dapat diterapkan penanganan yang tepat di kelas. Hasil penelitian mengungkapkan adanya dampak positif yang signifikan terhadap keterampilan mendengarkan siswa ketika belajar melalui lagu berbahasa Inggris. Metode ini secara substansial meningkatkan keterampilan mendengarkan kelompok eksperimen. Penelitian ini menunjukkan bahwa memasukkan lagu dan lirik ke dalam kelas adalah metode paling efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Hasil positif ini disebabkan oleh respon siswa yang baik dan peningkatan keterampilan pemahaman mendengarkan. Kesimpulannya, penelitian ini menganjurkan integrasi musik Inggris ke dalam pendidikan bahasa sebagai alat yang ampuh untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan. Umpan balik positif dari siswa dan peningkatan yang ditunjukkan dalam pemahaman mendengarkan menggarisbawahi efektivitas pendekatan pedagogi inovatif ini. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik bahasa dan pengembang kurikulum yang mencari metode inovatif dan menarik untuk meningkatkan penguasaan bahasa.

Kata Kunci: mendengarkan, lagu Bahasa Inggris, efektif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-23
Bagaimana cara mengutip:
Nadiyya, R., & Suryadi, S. (2024). The Power of English Music to Improve Students’ Listening Skills. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 683-688. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.772
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1101 times
PDF downloaded: 508 times

Referensi

Afriyuninda, E., & Oktaviani, L. (2021). the Use of English Songs To Improve English Students’ Listening Skills. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(2), 80–85. https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i2.1442

Ariani, S., & Iswandi, K. (2020). The Use of English Pop Song to Enhance Students’ Listening Ability. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 7(2), 112. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v7i2.2965

Hadi, M. S. (2019). The Use of Song in Teaching English for Junior High School Student. English Language in Focus (ELIF), 1(2), 107. https://doi.org/10.24853/elif.1.2.107-112

Lestary, N. L. G. W. (2019). the Use of Songs To Improve Students’ Listening Comprehension Ability. Yavana Bhasha : Journal of English Language Education, 2(2), 34. https://doi.org/10.25078/yb.v2i2.1024

Merina, H. (2022). The Influence of Applying English Songs to Improve Students’ Listening, Writing and Speaking. EDULIA: English Education, Linguistic and Art Journal, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.31539/edulia.v3i1.5240

Murniaty, M. (2019). the Impact of Applying English Song in Listening Comprehension. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 2(2), 126. https://doi.org/10.22303/melt.2.2.2017.126-143

Musa, N. N., & Fojkar, M. D. (2019). Correlation between students’ english listening skills, vocabulary skills and out-of-school listening exposure. New Educational Review, 55(1), 42–53. https://doi.org/10.15804/tner.2019.55.1.03

Ngwoke, F. U., Ugwuagbo, W., & Nwokolo, B. O. (2022). Refocusing on Listening Skills and Note-Taking: Imperative Skills for University Students’ Learning in an L2 Environment. Theory and Practice in Language Studies, 12(7), 1241–1251. https://doi.org/10.17507/tpls.1207.01

Ridhani, N. A., & Nasution, Y. (2023). The Effect of English Songs to Improve Students Listening Ability. Education & Learning, 3(1), 91–95. https://doi.org/10.57251/el.v3i1.842

Simanjuntak, M. M., & Uswar, Y. (2021). Improving Students’ Listening Skills By Using Song. Journal MELT (Medium for English Language Teaching), 5(2), 142. https://doi.org/10.22303/melt.5.2.2020.142-160

Solehudin, N. (2018). The Correlation Between Student’s Listening English Songs Habit And Their Listening Skill. 1, 430–439.

Syafrizal, S., Muhajir, M., Pahamzah, J., & Furqon, F. (2021). The effects of using whiteboard animation toward Indonesian students’ vocabulary and grammar mastery. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(2), 783–793. https://doi.org/10.52462/jlls.55

Teppa, R., Rorimpandey, R., & Posumah, J. (2022). Improving Students’ Listening Skill By Using Songs’ Lyrics a Study Conducted At SMAN 1 Melonguane. JoTELL : Journal of Teaching English, Linguistics, and Literature, 1(2 SE-), 244–260. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jotell/article/view/3428

Ulfa, M. (2019). The Use of English Songs to Teach Listening Skill. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 4(2), 129–137. https://doi.org/10.21462/educasia.v4i2.50

Wardiansyah, Barnabas, S., & Elfrida. (2019). The Correlation Between Listening Habit to English Song and Vocabulary Mastery. Journal of English Education and Teaching, 3(3), 287–298. https://doi.org/10.33369/jeet.3.3.287-298

Yuliana, M., Iman, J. N., & Anggraini, N. (2022). the Effectiveness of Using English Pop Songs Toward Students’ Listening Comprehension Achievement At the Seventh Grade of Smp Negeri 38 Palembang. Journal of Education and Culture, 2(1), 71–77. https://doi.org/10.58707/jec.v2i1.235