Habit Watching Movie With English Subtitles as an Alternative in Improving on Students' Reading Skill

  • Nadivah Nadivah STKIP Situs Banten, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Suryadi Suryadi STKIP Situs Banten, Kota Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara praktik menonton film berbahasa Inggris dan pemanfaatan subtitle bahasa Inggris sebagai metode pengganti untuk meningkatkan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tirtayasa. Penelitian ini berupaya untuk memastikan sejauh mana peningkatan pemahaman siswa dengan rutin menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan fokus pada populasi siswa kelas XII IPA 1, 2, 3, dan 4. Selanjutnya, sampel berjumlah 76 siswa. Data yang dikumpulkan berkaitan dengan tes pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Variabel independen dalam penelitian ini mengacu pada praktik menonton film berbahasa Inggris dengan teks bahasa Inggris, sedangkan variabel dependen berkaitan dengan keterampilan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Investigasi menghasilkan data penting. Yang dimaksud dengan “2-tailed” adalah uji statistik yang mempertimbangkan kedua arah suatu pengaruh atau hubungan. Data yang diperoleh dari kelas kontrol adalah 77,29, sedangkan data dari kelas eksperimen adalah 79,63. Akibatnya, perlakuan ini mempunyai dampak yang besar terhadap pemahaman membaca anak-anak, sehingga menghasilkan tingkat kemahiran yang patut dipuji. Metodologi yang digunakan sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa.

Kata Kunci: Habit, watching, movie, subtitle, reading

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-19
Bagaimana cara mengutip:
Nadivah, N., & Suryadi, S. (2023). Habit Watching Movie With English Subtitles as an Alternative in Improving on Students’ Reading Skill. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 285-293. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.755
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 299 times
PDF (English) downloaded: 203 times

Referensi

Amri, N. (2017). Kriteria Dalam Penerjemahan Subtitle Film Django. Jurnal KATA, 1(1), 80–93.

Amumpuni, R. S. (2021). The Effect of the Herringbone Technique on Reading Comprehension. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 50. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2677

Ariawan, V. A. N., & Winoto, S. (2021). Total reading skills for elementary school students through the reading questioning answering model. Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 44–54. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i1.34534

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, R., Bahari, K., Pujiastuti, N., Astuti, E. S., Pertami, S. B., & Budiono, B. (2022). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Kebiasaan Menonton Video Kartun Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6983–6992. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3558

Fikriyah, A., Ayu, D., Joni, A. W., Made, I. A., & Widiastuti, S. (2021). the Correlation Between Habit of Watching English Movies and Vocabulary Mastery of the Tenth-Grade of Sman 1 Kuta Selatan in Academic Year 2020/2021. Academic Journal on English Studies, 1(2).

Hestiana, M., & Anita, A. (2022). by title. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 46–53. https://doi.org/10.33365/jeltl.v3i1.1715

Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514

(Karmiani, 2018). Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii Smpn 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514

Syahrin, A., & Bin As, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Audiovisual Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di Sma Negeri 3 Takengon. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644

Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8594

Sudrajat, M. Ngafif, A., & Masykuri, E. S. (2021). The Correlation between Students’ Habit in Watching Western-Movie and Listening Skill. Scripta : English Department Journal, 7(2), 25–34. https://doi.org/10.37729/scripta.v7i2.699

Napikul, S., Cedar, P., & Roongrattanakool, D. (2018). The Effects of Film Subtitles on English Listening Comprehension and Vocabulary. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(6), 104. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.6p.104

Nurmala Sari, S., & Aminatun, D. (2021). Students’ Perception on the Use of English Movies to Improve Vocabulary Mastery. Journal of English Language Teaching and Learning, 2(1), 16–22. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jeltl.v2i1.757

Oktanisfia & Susilo, 2021. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Storytelling dalam Meningkatkan English Speaking Skill at Mr. Bob English Course. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 48–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13036

Rahmawanti, M. R., Larasati, T. M., & Rahayu, N. (2021). Student’s Perception on the Use of English-subtitled Movies Toward Learner’s Spoken Grammar Understanding. Wiralodra English Journal (WEJ), 5(2), 39–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/wej.v5i2.135

Rahmawati, D. (2020). Effect of Using Gist Strategy Through Recount Text Toward Students’ Reading Comprehension At Asy-Syukriyyah College. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 225–242. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.112

Rombot, O., Boeriswati, E., & Suparman, M. A. (2020). Improving Reading Comprehension Skills of International Elementary School Students through Blended Learning. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 56. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6045

Saraswati, N., Dambayana, P., & Pratiwi, N. (2021). An Analysis of Students’ Reading Comprehension Difficulties of Eighth Grade Students. Jurnal IKA Undiksha | 34 An Analysis Of Students of Study Reading, 19(1), 1829–5282. https://doi.org/10.23887/ika.v19i1.31826

Syahrin, A., & Bin As, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Audiovisual Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Di Sma Negeri 3 Takengon. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 21. https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3644