Habit Watching Movie With English Subtitles as an Alternative in Improving on Students' Reading Skill
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara praktik menonton film berbahasa Inggris dan pemanfaatan subtitle bahasa Inggris sebagai metode pengganti untuk meningkatkan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tirtayasa. Penelitian ini berupaya untuk memastikan sejauh mana peningkatan pemahaman siswa dengan rutin menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan fokus pada populasi siswa kelas XII IPA 1, 2, 3, dan 4. Selanjutnya, sampel berjumlah 76 siswa. Data yang dikumpulkan berkaitan dengan tes pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Variabel independen dalam penelitian ini mengacu pada praktik menonton film berbahasa Inggris dengan teks bahasa Inggris, sedangkan variabel dependen berkaitan dengan keterampilan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa. Investigasi menghasilkan data penting. Yang dimaksud dengan “2-tailed” adalah uji statistik yang mempertimbangkan kedua arah suatu pengaruh atau hubungan. Data yang diperoleh dari kelas kontrol adalah 77,29, sedangkan data dari kelas eksperimen adalah 79,63. Akibatnya, perlakuan ini mempunyai dampak yang besar terhadap pemahaman membaca anak-anak, sehingga menghasilkan tingkat kemahiran yang patut dipuji. Metodologi yang digunakan sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca bahasa Inggris siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Nadivah Nadivah, Suryadi Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

