Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Bullying di Sekolah

  • Sri Nurhayati Selian Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh,  Indonesia
  • Winda Putri Diah Restya Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh,  Indonesia

Abstrak

Kasus bullying dapat terjadi pada semua tingkat pendidikan, dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Bullying di sekolah merupakan masalah sosial serius yang harus diambil perhatian penuh oleh pihak sekolah, khususnya kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana kepala sekolah menangani bullying di sekolah mereka. Penelitian dilakukan di sekolah, dimana kasus bullying pernah terjadi. Metode kualitatif dan purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Tiga kepala sekolah dipilih dan menjadi partisipan penelitian, ketiga partisipan tersebut berasal dari dua sekolah dasar dan satu sekolah menengah atas. Terdapat tiga tema utama yang diperoleh dari hasil penelitian ini. Tema pertama, mengetahui penyebab bullying di sekolah. Tema kedua, menerapkan strategi intervensi untuk mencegah bullying di sekolah. Tema ketiga adalah peran kepala sekolah dalam mengatasi bullying di sekolah. Rekomendasi dalam penelitian ini diberikan untuk membantu kepala sekolah dan seluruh Tim Manajemen Sekolah dalam mengelola bullying di sekolah. Rekomendasi pertama yaitu semua sekolah harus memiliki kebijakan tentang cara mengatasi bullying di sekolah, dan kebijakan ini harus dikomunikasikan kepada semua pendidik dan juga peserta didik disekolah. Konsekuensi dari tidak mematuhi kebijakan harus diterapkan. Kedua, mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua untuk membahas perilaku siswa. Ketiga, sensitif terhadap kejadian yang aneh disekitaran dan memperhatikan target serta pelakunya. Simpulan, kepala sekolah melakukan yang terbaik untuk menerapkan beberapa strategi untuk memecahkan masalah bullying.

Kata Kunci: Bullying di Sekolah, Hak Anak, Kebijakan, Kepala Sekolah, Studi Penelitian

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-08
Bagaimana cara mengutip:
Selian, S. N., & Restya, W. P. D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Bullying di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 531-539. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.751
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 329 times
PDF downloaded: 255 times

Referensi

Armitage, R. (2021). Bullying in children: impact on child health. BMJ Paediatrics Open, 5(1), e000939. https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000939

Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying: 3 cara efektif menanggulangi kekerasan pada anak. Jakarta: Grasindo.

Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). New York, NY: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315456539

Cornell, D., Shukla, K. & Konold, T. (2015). Peer victimization and authoritative school climate: A multilevel approach. Journal of Educational Psychology, 107(4). DOI:10.1037/edu0000038.

Department of Basic Education South Africa (DBESA). (2012). Addressing bullying in schools. School Safety Framework. Pretoria: Government Printer.

Faizah, F., & Amna, Z. (2017). Bullying dan Kesehatan Mental Pada Remaja Sekolah Menengah Atas Di Banda Aceh. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1). DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v3i1.1950.

Forster, M., Gower, A. L., McMorris, B. J., & Borowsky, I. W. (2020). Adverse childhood experiences and school-based victimization and perpetration. Journal of interpersonal violence, 35(3-4), 662-681.

García-Fernández, C.M., Romera Félix, E.M., & Ortega-Ruiz, R. (2015). Explicative factors of face-to-face harassment and cyberbullying in a sample of primary students. Psicothema, 27, 347–353. https://doi.org/10.7334/psicothema2015.35.

Hazler, R.J. (1996). Breaking the cycle of violence: Interventions for bullying and victimization. Washington, DC: Taylor & Francis.

Hidayati, L. N., & Amalia, R. (2021). Psychological Impacts on Adolescent Victims of Bullying: Phenomenology Study. Media Keperawatan Indonesia, 4(3), 201-207. DOI: https://doi.org/10.26714/mki.4.3.2021.201-207.

Holt, M. K., Vivolo-Kantor, A. M., Polanin, J. R., Holland, K. M., DeGue, S., Matjasko, J. L., Wolfe, M., & Reid, G. (2015). Bullying and suicidal ideation and behaviors: A meta-analysis. Pediatrics, 135(2), e496-e509. https://doi.org/10.1542/peds.2014-1864.

Khalefa, E. Y., & Selian, S. N. (2021). Non-Random Sample Strategy in Qualitative Art-Related Studies. International Journal of Creative and Arts Studies, 8(1), 35-49. DOI: https://doi.org/10.24821/ijcas.v8i1.

Marshall, C. & Rossman, G.B. (2014). Designing qualitative research. New York: Sage Publications.

Menesini, E., & Salmivalli, C. (2017). Bullying in schools: the state of knowledge and effective interventions. Psychology, Health & Medicine, 22(1), 240-253. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740

Modecki, K. L., Minchin, J., Harbaugh, A. G., Guerra, N. G., & Runions, K. C. (2014). Bullying prevalence across contexts: A meta analysis measuring cyber and traditional bullying. Journal of Adolescent Health, 55(5), 602–611. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.06.007.

National Center for Educational Statistics. (2019). Student reports of bullying: Results from the 2017 School Crime Supplement to the National Victimization Survey. US Department of Education. Retrieved from http://nces.ed.gov/pubsearch/pubsinfo.asp?pubid=2015056.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2015). Measuring cyberbullying: Implications for research. Aggression and Violent Behavior, 23, 69-74. https://doi.org/10.1016/j.avb.2015.05.013.

Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2020). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2). DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i2.6255.

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333-367. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/index.

Sidera, F., Serrat, E., Collell, J., Perpiñà, G., Ortiz, R., & Rostan, C. (2020). Bullying in primary school children: the relationship between victimization and perception of being a victim. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(24), 9540. https://doi.org/10.3390/ijerph17249540.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 129-389. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352.