Analisis Pemahaman Calon Guru IPA dalam Menyususun Modul Ajar (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Kurikulum Merdeka

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo,  Indonesia
  • Nur Mustaqimah Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo,  Indonesia
  • Nurul Fajryani Usman Universitas Negeri Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo,  Indonesia
  • Munawwarah Munawwarah Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan calon guru IPA dalam menyusun modul ajar. Metode dari penelitian ini yaitu kualitatif   deskriptif.   Penelitian ini didasarkan  pada  suatu pemahaman pasca-positivisme  yang  memiliki sifat naturalistis. Teknik yang digunakan peneliti dalam menentukan subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian merupakan  calon guru IPA yaitu  mahasiswa  pendidikan IPA  semester 6 angkatan  2020, Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang telah mengambil  mata  kuliah  Perencanaan pengajaran IPA. Jumlah subjek penelitian sebanyak 25 orang mahasiswa. Waktu penelitian dari bulan April hingga Juli 2023. Instrumen penelitian berupa wawancara, lembar observasi  dan dokumentasi. Proses penelitian berlangsung pada tiga langkah, yaitu (1) persiapan. Proses persiapan meliputi observasi, identifikasi sumber data, penyusunan suatu instrumen penelitian, dan melakukan validasi suatu instrumen yang telah dibuat. (2) Tahap implementasi, dalam melakukan penelitian terhadap reviu dokumen mahasiswa. Kajian ini mengkaji secara lengkap terhadap modul ajar yang dibuat berdasarkan kurikulum. penelitian ini menggunakan suatu pendekatan berupa analisis isi. (3) Pada tahap analisis data seluruh dokumen yang sudah dikumpulkan kemudian akan dianalisis lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu kemampuan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka calon guru IPA dari ketiga aspek (informasi umum, komponen inti dan lampiran) dikategorikan baik dan sesuai dengan kurikulum merdeka.

Kata Kunci: modul ajar, kurikulum merdeka, penguatan profil Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-04-03
Bagaimana cara mengutip:
Nurhayati, N., Mustaqimah, N., Usman, N. F., & Munawwarah, M. (2024). Analisis Pemahaman Calon Guru IPA dalam Menyususun Modul Ajar (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Kurikulum Merdeka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1135-1140. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.736
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 61 times
pdf downloaded: 63 times

Referensi

Aeini, khurotul. (2019). the Implementation of Curriculum 2013 Revision on Lesson Plans Made By English Teachers of Sman 2 Magelang in School Year 2018/2019. Journal of Research on Applied Linguistics, Language, and Language Teaching, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.31002/jrlt.v2i1.424.

Amiruddin, H, M., & Irfan, A. M. (2020). Pkm Guru Pamong Dan Mahasiswa Kkn Ppl Terpadu Pembelajaran Berbasis Merdeka Belajar Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1097–1105. ISBN: 978-623-7496-57-1

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3). 1075–1090.https://doi.org/10.31949 /educatio .v7i3.1279.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.

Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7.

Indarwati, N. (2021). Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 782-791. http://dx.doi.org/10.47387/jira.v2i6.160.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M. & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104.

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A. & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613.

Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i1.13897.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.