Analisis Pemahaman Calon Guru IPA dalam Menyususun Modul Ajar (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Kurikulum Merdeka
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan calon guru IPA dalam menyusun modul ajar. Metode dari penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemahaman pasca-positivisme yang memiliki sifat naturalistis. Teknik yang digunakan peneliti dalam menentukan subjek penelitian melalui teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian merupakan calon guru IPA yaitu mahasiswa pendidikan IPA semester 6 angkatan 2020, Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Perencanaan pengajaran IPA. Jumlah subjek penelitian sebanyak 25 orang mahasiswa. Waktu penelitian dari bulan April hingga Juli 2023. Instrumen penelitian berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Proses penelitian berlangsung pada tiga langkah, yaitu (1) persiapan. Proses persiapan meliputi observasi, identifikasi sumber data, penyusunan suatu instrumen penelitian, dan melakukan validasi suatu instrumen yang telah dibuat. (2) Tahap implementasi, dalam melakukan penelitian terhadap reviu dokumen mahasiswa. Kajian ini mengkaji secara lengkap terhadap modul ajar yang dibuat berdasarkan kurikulum. penelitian ini menggunakan suatu pendekatan berupa analisis isi. (3) Pada tahap analisis data seluruh dokumen yang sudah dikumpulkan kemudian akan dianalisis lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu kemampuan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka calon guru IPA dari ketiga aspek (informasi umum, komponen inti dan lampiran) dikategorikan baik dan sesuai dengan kurikulum merdeka.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Nurhayati Nurhayati, Nur Mustaqimah, Nurul Fajryani Usman, Munawwarah Munawwarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

