Upaya Meningkatkan Kesiapan Karier Siswa melalui Bimbingan Teman Sebaya (BTS) Pasca Pandemi Covid-19

  • Fuad Aminur Rahman SMA Negeri 1 Cihara, Lebak, Banten,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui apakah layanan Bimbingan Teman Sebaya (BTS) dapat meningkatkan kesiapan karier (career readiness) siswa  pasca pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan, melalui penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan 2 (dua) siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Strategi pengumpulan informasi menggunakan lembar observasi dan hasil tes yang dianalisis  melalui  Microsoft Excel 2016. Subyek berjumlah 14 siswa kelas XI SMAN 1 Cihara. Dilihat dari hasil pelaksanaan, menunjukkan adanya peningkatan skor persiapan karier siswa kelas XI setelah melaksanakan layanan bimbingan teman sebaya (BTS)  yang semula pada pertemuan ke-1 pada siklus I untuk rata-rata skor aktivitas yakni 27 poin dan pertemuan ke-4 pada siklus ke II menjadi 62 masuk kategori baik, lalu pada pertemuan ke-1 pada siklus I untuk rata-rata skor antusias yakni 28,25 poin dan pertemuan ke-4 pada siklus ke II menjadi 58,75 sehingga masuk kategori baik. Selanjutnya, hasil tes kesiapan karier, adanya peningkatan data hasil skor tes kesiapan karier siswa dimulai dari pra tindakan, pasca siklus I dan pasca siklus II, Dilihat dari pra tindakan yang awalnya mendapat skor 49 dengan kategori cukup, selanjutnya, pada pasca siklus I terjadi peningkatan 11 poin yaitu dengan skor 60 dan masuk kategori baik, dan terakhir pada pasca siklus II terjadi peningkatan skor sebesar 11 poin sehingga skor  menjadi 71 dan masuk kedalam kategori baik.

Kata Kunci: Bimbingan Teman Sebaya, Kesiapan Karier, Pandemi COVID-19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fuad Aminur Rahman, SMA Negeri 1 Cihara, Lebak, Banten

Fuad Aminur Rahman, S.Pd merupakan seorang Guru Bimbingan dan Konseling yang juga diberikan amanah sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di SMA Negeri 1 Cihara, Kabupaten Lebak, Banten,

No HP WA: 081392070460

Diterbitkan
2023-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Rahman, F. A. (2023). Upaya Meningkatkan Kesiapan Karier Siswa melalui Bimbingan Teman Sebaya (BTS) Pasca Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 826-834. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.701
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 374 times
PDF downloaded: 149 times

Referensi

Astuti, B., Veronica, N., Purwanta, E., Novita, D., & Risqiyian, L. H. (2020). Individual Student Planning Model to Develop Career Readiness in High School. In International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019) (pp. 61-64). Atlantis Press.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Agustus 2022. Jakarta

Bhakti, C. P., & Rahman, F. A. (2020). Android Application Development of Exploration Career Based on Multiple Intellegence: A Model Hypothetical. In Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 1-11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012043

Bhat, C. S., & Stevens, M. M. (2021). College And Career Readiness Group Interventions for Early High School Students. The Journal for Specialists in Group Work, 46(1), 20-31.

Danim, S. (2021). Reformasi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Danti, N. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Layanan Informasi Karier Pada Saat Pandemi Covid-19 Bagi Siswa di SMA Negeri 2 Praya. Jurnal Paedagogy, 8(2), 144-151. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3498

David, L.E., Roman, V., &Kerchhoff, N. (2016). Adolescent Goals Andaspirations In Search of Psychological Well-Being: from The Perspective of Self-Determination Theory. South African Journal of Psychology. https://doi.org/10.1177/0081246316653744

Endriani, A., Astuti, F. H., Lukitasari, D., & Rayani, D. (2020). Penyuluhan Pemahaman Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 172-176. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i2.3085

Fatimah, M., Widiastuti, R., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan Antara Kegiatan Ekstrakulikuler dengan Kesiapan Karier (Career Readness) Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1).

Jones, N., Torezani, S., & Luca, J. (2012). A Peer-to-Peer Support Model for Developing Graduate Students’ Career and Employability Skills. Intercultural Education, 23(1), 51-62. https://doi.org/10.1080/14675986.2012.664754

Mishkind, A. (2014). Overview: State Definitions of College and Career Readiness. College and Career Readiness and Success Center.

Muna, Z., Iramadhani, D., Astuti, W., & Julistia, R. (2022). Program Pelatihan Building Self Determination (BSD) Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dalam Merencanakan Karier dan Kesiapan Kerja Menghadapi Kompetisi Revolusi Industri 4.0 Siswa SMK. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 24-33. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.8

Murniasih, S. (2021). Bimbingan Teman Sebaya Dalam Layanan Bimbingan Konseling untuk Memotivasi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berbasis Whatsapp Grup. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 184-191. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1563

Nurpratama, M., & Yudianto, A. (2021). Strategi Inovasi dan Rencana Implementasi untuk Mendorong SDM Unggul di Masa Pandemi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(01), 50-69. https://doi.org/10.59141/jiss.v2i01.148

Radcliffe, R. A., & Bos, B. (2013). Strategies to Prepare Middle School and High School Students for College And Career Readiness. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 86(4), 136-141.

Setiawati, D., & Mayasari, M. (2021). Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sma Negeri 3 Kota Jambi Di Masa Pandemi Covid 19. Sjee: Scientific Journals of Economic Education, 5(1), 23-35. http://dx.doi.org/10.33087/sjee.v5i1.92

Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulusyawati, H & Juwanto (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perencanaan Karier Siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 5(1), 13-16. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p13-16

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta

Suwanto, I., Mayasari, D., & Dhari, N. W. (2021). Analisis Peran Teman Sebaya dalam Pengambilan Keputusan Karier. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(2), 168-179. http://doi.org/10.25273/counsellia.v11i2.10101

Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Pham, L., Williamson, S., & Berry, R. (2018). Student perceptions of e-learning service quality, e-satisfaction, and e-loyalty. International Journal of Enterprise Information Systems (IJEIS), 14(3), 19-40. https://doi.org/10.4018/IJEIS.2018070102

Wong, S. W., Chui, Y. H., Chan, Y. C., Ting, S. R., & Lam, J. K. (2016). Enhancing Students Career Readiness Through Peer Counselling Programme in Hong Kong. Australian Journal of Career Development, 25(1), 23-32.

Zhang, H., & Huang, H. (2018). Decision-Making Self-Efficacy Mediates The Peer Support–Career Exploration Relationship. Social Behavior and Personality: an International Journal, 46(3), 485-498. https://doi.org/10.2224/sbp.6410