Efektivitas Blended Learning pada Pembelajaran Teknologi Pendidikan Mahasiswa Semester 4 Prodi PAI

  • Mohammad Ilham Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Jepara, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Sri Mujiyati Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Jepara, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Jepara, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi tren utama dalam pendidikan tinggi di era digital saat ini. Artikel ini menjelaskan efektivitas metode pembelajaran blended learning pada mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Nahdlatul Ulama Jepara. Blended learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online. Metode analisis deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner menjadi teknik pengumpulan data dengan 39 mahasiswa PAI sebagai responden. Data yang dikumpulkan melibatkan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas pembelajaran blended learning dalam mencapai tujuan pembelajaran mereka. Selain itu, penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas pembelajaran blended learning. Hasilnya, mayoritas mahasiswa menilai pembelajaran blended learning di Universitas Nahdlatul Ulama Jepara efektif dalam meningkatkan hasil belajar mereka. Namun, ada juga sebagian mahasiswa yang merasa masih terdapat beberapa kekurangan dalam metode ini. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang penerapan blended learning dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut guna meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi mahasiswa PAI. Kesimpulannya, metode blended learning dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam konteks pembelajaran mahasiswa PAI, dengan tetap memperhatikan perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan.

Kata Kunci: blended learning, efektivitas, model pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Ilham, M., Mujiyati, S., & Saefudin, A. (2023). Efektivitas Blended Learning pada Pembelajaran Teknologi Pendidikan Mahasiswa Semester 4 Prodi PAI . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 16-23. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.692
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 278 times
PDF downloaded: 196 times

Referensi

Ahmad, Parihin, Hidayah, N., & Halimatuzzahra. (2021). Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : Desa Montong Sapah). Jurnal Mahasantri, 2(1), 387–398.

Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/104

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 401–410.

Idris, H. (2011). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Irwan, I., Ichsan, F. N., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 89–95. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4238

Istiningsih, S., & Hasbullah, H. (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen, 1(1), 49. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.

Permana, D., Kusdi, I., Salam, M., Iriantara, Y., & Barlian, U. C. (2021). Inovasi Pembelajaran dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 31–47.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Putra, A. M. D. (2022). Analisis Metode Blended Learning dalam Pembelaran Sejarah di Siswa Kelas XI SMA Koperasi Pontianak pada Masa New Normal (Studi Kasus). Historica Didaktika, 2(1), 1–23.

Rahayu, D., Stefanus Marpaung, D., Fatimatuzzahrah, Khairunnisa, Kusuma Prabu Ningrat, I., & Solihah, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1773–1782.

Rahmat, Z., Fattah, N., Waspada, I. P., & Ansharullah, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif : Team Assisted Individualization Dan Student Team Achievement Division Terhadap Kognitif Siswa. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 62–72. https://doi.org/10.55583/jkip.v2i2.216

Sari, M. (2019). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 24(2), 233–237. https://doi.org/10.19109/tjie.v24i2.4833

Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25

Sofiana, N. (2015). Implementasi Blended Learning pada Mata Kuliah Extensive Listening. Jurnal Tarbawi, 12(1), 59–69.

Sukanto, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Syntax Idea, 2(11), 834–850.

Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2410–2418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2231

Yunita, Y., & Elihami, E. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E- Learning: Diskursus Melalui Problem Soving Di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Nonfor,Al, 2(1), 133–146.