Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0

  • Via Haiyun Karimah Magister PGMI, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Andi Prastowo Magister PGMI, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pada era 4.0 hari ini, dunia pendidikan bersinggungan langsung dengan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga hampir seluruh proses telah berbasis teknologi. Teknologi digunakan untuk menunjang seluruh kegiatan pembelajaran, salah satunya sebagai media pembelajaran. Bentuk media berbasis teknologi ini contohnya adalah Math Playground. Media ini mampu membentuk pengalaman belajar matematika yang menyenangkan dan bermakna bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana Math Playground diterapkan di kelas IV MIN Rejang Lebong (RL) serta untuk mengetahui apakah Math Playground mampu mendukung karakteristik pendidikan era 4.0. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan field research melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Berdasarkan temuan penelitian, diketahui bahwa tahapan penggunaan Math Playground di MIN RL meliputi identifikasi kebutuhan, pengenalan kepada siswa, penerapan dalam pembelajaran, dan evaluasi.  Kesimpulan yang kedua dari penelitian ini menunjukkan bahwa Math Playground mampu membentuk pengalaman belajar yang mengasyikkan dan menyenangkan sehingga dapat membantu siswa memahami konsep pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Selain itu, Math Playground juga mampu meningkatkan karakteristik pendidikan 4.0. Karakteristik di bidang keterampilan digital karena melalui math playground intensitas siswa dalam menggunakan teknologi digital akan meningkat. Selanjutnya, pada bidang pendidikan khusus karena pada tahap pemilihan konten, guru dapat menyesuaikan konten matematika yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa yakni bermain sambil belajar.

Kata Kunci: Era Revolusi Industri 4.0, Karakteristik Pendidikan, Math Playground

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Karimah, V. H., & Prastowo, A. (2023). Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 816-825. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.637
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 343 times
PDF downloaded: 196 times

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2021). https://www.bps.go.id/publication/2018/12/24/27971845a9d616341333d103/penggunaan-dan-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-p2tik-sektor-pendidikan-2018.html

Badan Pusat Statistik. (2022, September 7). https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal UMT, 1-6. http://dx.doi.org/10.31000/cpu.v0i0.1674

Faijah, N., Nuryadi, N., & Marheani,N. (2022). Students’ Responses to QuizWhizzer Educational Game to Strengthen Mathematical Concept Understanding Ability. JETL: Journal Of Education and teaching Learning, 4(2), 94-104, https://doi.org/10.51178/jetl.v4i2.503

Gusteti, M., Wulandari, S., dkk. (2023). Development of Electronic Handouts Using Numerical Literacy-Based Mathemagics Methods for Learning in the Digital Era. JEP: Jurnal Eksakta Pendidikan, 7(1), 115-125. https://doi.org/10.24036/jep/vol7-iss1/709

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1), 1-5. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314

Kemendikbud. (2022, Desember). Majalah Jendela Menyiapkan Generasi Bangsa Hadapi Revolusi Industri 4.0. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/menyiapkan-generasi-bangsa-hadapi-revolusi-industri-4-0

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Generasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Jurnal FKIP UNMUL, 2.

Lusiana, L., Nafis, B., Fitria, Z., & Prastowo, A. (2022). Merangsang Minat Belajar Siswa melalui Pembelajaran Daring dengan Model Instructional Games di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3766–3774. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2673

Melinda, S., & Sa’ud, U. (2022). STEM in Science Learning in the Era of the Industrial Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education 4. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/2055

Panjaitan, I., Putri, N., (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Bilangan Dengan Pendekatan PMRI Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Nasional Pendidikan. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1136

Prastowo, A. (2022). Memahami Metode-Metode Penelitian. http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/28102

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407

Reni, S. (2023). Efektivitas Teknologi Sebagai Penunjang Pendidikan Tingkat Satuan Sekolah Dasar Pada Era Revolusi Industri 5.0 Di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung. repository.radenintan.ac.id .http://repository.radenintan.ac.id/22588/

Sari, R., & Ahmad, H. (2022). Game Based-Learning: Media Edutainment Matematika Untuk Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa Sekolah Dasar. SENADA: Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi, 5, 99-106. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/649

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 1(1), 102. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Umair, U., & Tawakal, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Permainan Pembelajaran Matematika menggunakan Model-Driven Game Development. Jurnal Teknologi Terpadu. https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/346

Yulia, E. R., & Asharianti, T. (2021a). Potensi Math Playground dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Daring.

Yulia, E. R., & Asharianti, T. (2021b). Potensi Math Playground dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Daring.