Pemanfaatan Stylus Pen dengan Microsoft Onenote Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi

  • Riska Ramadanti Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Meilinda Meilinda Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Stylus Pen dengan Microsoft Onenote terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pelajaran sistem reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitan tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah 30 peserta didik yang berasal dari kelas XI MIA 1 SMAN 10 Palembang. Proses Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu Siklus 1 dan Siklus 2. Pada tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tahap prasiklus didapat dilihat nilai rata-rata ketuntasan sebesar 47,8 hal tersebut masih berada dibawah ketuntasan minimal yaitu 72,00 sehingga penting dilakukan perbaikan. Siklus I rata-rata nilai ketuntasan menyentuh 85 dan mengalami kenaikan ketuntasan menjadi 92,3 pada siklus II yang mana telah memenuhi nilai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan Stylus Pen dengan aplikasi Microsoft Onenote dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi guru dan calon pendidik untuk mengidentifikasi media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar. 

Kata Kunci: teknologi pendidikan, media pembelajaran, biologi, Stylus Pen, Microsoft Onenote

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Ramadanti, R., & Meilinda, M. (2023). Pemanfaatan Stylus Pen dengan Microsoft Onenote Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Sistem Reproduksi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 545-551. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.630
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 4313 times
PDF downloaded: 251 times

Referensi

Alvia & Rachmawaty, (2020). Pengaruh penerapan media mind mapping terintegrasi dengan aplikasi microsoft onenote terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pelajaran sistem pencernaan di kelas XI SMAN 12 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, (Pp. 365-370).

Anggara, D. E., Munawwarah, S. H., Lestari, I., Handayani, R. T., & Nurbaiti, N. (2022). Memahami pentingnya manfaat microsoft onenote pada pembelajaran disekolah atau kampus. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 2757-2762.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., dan Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan

Hake, H. (1999). Analyzing charge gain scores. America Educational Research Association’s Division, Measurrement And Research Methodology. Indiana University.

Harefa, N. A., & Hayati, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Tanggerang Selatan: Unpam Press.

HP Online Store. (2022, September 25). Apa Keuntungan Menggunakan Pen Touch Screen?. Retrieved Mei 9, 2023, From https://www.hp.com/id-id/shop/tech-takes/post/keuntungan-menggunakan-pen-touch-screen

Ningsih, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan. Peka: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akutansi, 6 (2), 157- 163.

Nuraini, N. (2021, Oktober). Penggunaan pen tablet dengan aplikasi google meet untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMK. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(04), 253-260. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.709

Primaningtyas, M., Sudjito, D., & Kristiyanto, W. (2021, September). Perbandingan penggunaan media onenote dan power point dalam pembelajaran fisika yang bersifat matematis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 203-207. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9373

Rohmah, N. (2021). Adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19. Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(2), 78-90. https://doi.org/10.37680/almikraj.v1i2.767

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi pembelajaran implementasi pembelajaran era 4.0. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Syahdiani, S., Kardi, S., & Sanjaya, M. (2015, November). Pengembangan multimedia interaktif berbasis inkuiri pada materi sistem reproduksi manusia untuk meningkatkan hasil belajar dan melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 727-741. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p727-741

Wulandari, S., Rahmalina, W., Martin, S. N., & Yuniarti, L. (2021). Respon terhadap penggunaan stylus pen dan fitur record dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 62-76. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3164

Wulandari, T. A., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75-86. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524