Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi

  • Nurhalimah Nurhalimah Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Meilinda Meilinda Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi prasiklus diketahui bahwa keaktifan belajar peserta didik di kelas XI MIA 2 SMAN 10 Palembang masih berada pada kategori rendah. Sehingga diperlukan suatu strategi untuk meningkatkan keaktifan belajar tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai tindakan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan model PBL dengan strategi berdiferensiasi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 3 tahapan yaitu perancanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi oleh 5 orang observer terhadap 30 orang peserta didik. Kemudian data dianalisis dengan membandingkan hasil  observasi pada prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil observasi diketahui bahwa terjadi peningkatan keaktifan belajar peserta didik dari 51,36% (prasiklus), meningkat menjadi 58,75% (rata-rata siklus 1) dan kemudian meningkat menjadi 77,5% (rata-rata siklus 2), sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan strategi berdiferensiasi dapat meningkatkan keaktifan  peserta didik. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi pendidik dalam meningkatkan keaktifan peserta didik di kelas.

Kata Kunci: keaktifan, PBL, strategi berdiferensiasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nurhalimah Nurhalimah, Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan

Nurhalimah, S.Si lahir pada 29 September 1997 di Desa Bitis Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Saat ini sedang menempuh Pendidikan Profesi Guru di Universitas Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan. No Hp/WA O8237167395

Diterbitkan
2023-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 563-568. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1264 times
PDF downloaded: 931 times

Referensi

Ana, H.R., Herman., & Rahmia. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX SMPN 2 Angsana. Jurnal Profesi kependidikan, 2(2), 11-22. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/27239/13590

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. JurnalFilsafat Indonesia, 5(3), 250-258. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/41249

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal riset manajemen dan bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178. https://www.researchgate.net/publication/323255432_VALIDITAS_ISI_TAHAP_AWAL_PENGEMBANGAN_KUESIONER

Indriani, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9-17. https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/article/view/4

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Mipa SMA Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(1), 89-100. https://www.neliti.com/publications/409651/implementasi-pembelajaran-berdiferensiasi-dalam-upaya-meningkatkan-aktivitas-dan#

Manalu, A., Sitorus, P & Harita, T.H. (2023). Efek Model PBL dengan Strategi Pembelejaran Diferensiasi terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 159-172. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4630

Mulbar, U., Bernard, B., & Pesona, R. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 1–6. https://bit.ly/3oiPOYz

Ningsih, A. (2018). Pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Di Sman 2 Gunung Sahilan. Peka: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akutansi, 6(2), 157-163. https://core.ac.uk/download/pdf/322502481.pdf

Purwati, R.P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 4(1), 202-212. https://jurnal.uns.ac.id/habitus/article/view/45725

Puspitasari, J.C., Herman & Ansyar. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta didik Dengan Model PBL Materi Nilai-nilai Budaya Masyarakat Praaksara di Kelas VII SMP N 1 Jebus Kab. Bangka Barat Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah, 20(1), 98-111. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2625304

Sarie, F.N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI, 4(2), 492-498.https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/3782

Sutrisno, L.R & Hernawan, A.H. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Journal of Elementary Education,6(1), 111-121. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/16192

Thamrin. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Pinrang. Jurnal Pendidikan BUM,5(1), 1278-1290. https://jurnalpendidikanbum.com/index.php/jpbum/article/view/112/110

Wahyuni, A.S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. https://bit.ly/3IS4NA3

Yumrotun, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 01 Sidomulyo Kendal. JGK: Jurnal Guru Kita, 2(4), 49-56. https://bit.ly/3oeRVNg

Yusoff, M.S. (2019). ABC of Content Validation and Content Validity Index Calculation. Education in Medicine Journal,11(2), 49-54. file:///C:/Users/DC/Downloads/2019ContentValidation.pdf