Penerapan Scaffolding sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran

  • Made Harum Astarini Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Denpasar, Bali,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan scaffolding pada kegiatan belajar Matematika materi Lingkaran. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research. Subjek penelitian ini ialah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan dengan hasil belajar sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang setiap siklus tersusun atas perencanaan pelaksanaan, observasi, evaluasi serta refleksi, dengan pelaksanaan sebanyak dua kali pertemuan di setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data mempergunakan tes hasil belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif guna mencari tahu klasifikasi hasil belajar di setiap siklusnya. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa di setiap siklusnya yakni mencukupi KKM yakni 75 serta memenuhi ketuntasan klasikal 75%. Penelitian ini memperoleh hasil adanya kenaikan hasil belajar siswa dari yang sebelumnya di Siklus I berkategori kurang dengan nilai rerata hasil belajar siswa 70,7 serta ketuntasan klasikal 54%, saat di Siklus II menjadi berkategori Baik dengan rerata 83,3 dan ketuntasan klasikal 77%. Oleh karena itu penerapan scaffolding dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Kata Kunci: scaffolding, hasil belajar, matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Made Harum Astarini, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Denpasar, Bali

Artikel ini ditulis oleh Made Harum Astarini sebagai penulis pertama yang tengah menempuh program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan bidang Matematika di Universitas PGRI Mahadewa Indonesia dan Ni Ketut Erawati sebagai penulis kedua. Penelitian ini dilaksanakan selama penulis melangsungkan kegiatan PPL di SMPN 8 Denpasar sebagai bentuk best practice dalam pelaksanaan PPL PPG Prajabatan.

WA Penulis I: 082247110898

Diterbitkan
2023-08-02
Bagaimana cara mengutip:
Astarini, M. H. (2023). Penerapan Scaffolding sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 646-652. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.620
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 141 times
PDF downloaded: 122 times

Referensi

Badri, Y., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Scaffolding Metakognitif Untuk Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4863

Dwilian, R. A., Ardhi, M. W., & Dewi, N. K. (2019). Penerapan scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa smp x di pacitan. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 335–341.

Ekawati, E., Maulana, A., Ali, A., Ibrahim, M. M., Taufiq, A. U., Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Istiana, R., & Titin, T. (2021). Inovasi Lembar Kerja Berbasis Vee Mapping Pada Pendidikan Biologi Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 119–125. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.146

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., & Sarumaha, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i1.6669

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228–243. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2042

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Mariyani, M., Fuadiah, N. F., & Retta, A. M. (2021). Antisipasi Didaktis dengan Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Elemen, 7(2), 310–323. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3189

Nursanti, I. (2022). Penerapan Metode Scaffolding untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal. JPT (Jurnal Pendidikan Tambusai), 6(2), 10279–10295. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF/article/view/29

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975

Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.251-255

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233