Kompetensi Guru Meningkat melalui Supervisi Klinis Kolaboratif dalam Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning

  • Suharsih Suharsih SD Negeri 5 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 5 Wates. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Pelaksanaannya dilakukan dalam 2 (dua) siklus yang masing-masing terdiri dari 4 (empat) kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan refleksi. Tiga orang guru dipilih sebagai subjek penelitian dengan menggunakan pendekatan perbandingan, dibantu oleh seorang kolaborator untuk menilai efektivitas kegiatan penelitian. Alat yang digunakan adalah lembar observasi guru yang meliputi kemampuan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dengan model Inquiry Learning. Hasil olah data menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menyusun RPP mengalami peningkatan  nilai rerata dari 72 menjadi 74, lalu 76. Pada Siklus II menjadi 83. Kemampuan Guru melaksanakan proses pembelajaran mengalami peningkatan nilai rerata dari 70, naik menjadi 73, naik lagi menjadi 77, dan pada Siklus II menjadi 84. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa supervisi klinis kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model Inquiry Learning di SD Negeri 5 Wates dan dapat ditentukan bagaimana supervisi klinis kolaboratif digunakan untuk meningkatkan kemampuan guru di SD Negeri 5 Wates.

Kata Kunci: supervisi klinis kolaboratif, inquiry learning, kompetensi guru, model pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Suharsih Suharsih, SD Negeri 5 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Suharsih, S.Pd. adalah Kepala Sekolah SD Negeri 5 Wates, dengan Pangkat/Gol: Pembina Tk.I, IV/b. Penulis adalah salah satu peserta bimtek penulisan artikel jurnal nasional terakreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

Diterbitkan
2023-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Suharsih, S. (2023). Kompetensi Guru Meningkat melalui Supervisi Klinis Kolaboratif dalam Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 746-753. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.609
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 181 times
PDF downloaded: 63 times

Referensi

Astuti. (2017). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11 (2), 144-157. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.162

Baruno, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Genetik melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Virtual Lab. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6 (2), 176-182. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.202

Erni, A. (2023). Peningkatan Hasil belajar Siswa melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kimia Asam Basa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8 (1), 25-30. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.312

Hariyono. (2019). Implementasi Supervisi Klinis sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul. Jurnal Ideguru, 4 (2), 35-43.

Hartoyo. (2006). Supervisi Pendidikan (Mewujudkan Sekolah Efektif dalam Kerangka Manajemen Berbasis Sekolah). Semarang: Pelita Insani.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Masmin, D.N. (2020). Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4 (4), 508-513. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28648

Mukhtar & Iskandar. (2006). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutahajar. (2019). Penerapan Supervisi Kolaboratif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SDN 6 Jurit Kecamatan Pringgasela. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 1 (3), 282-303.

Purwanto (2010). Tujuan Pendidikan dan hasil belajar, Jakarta: Jurnal Tehnodik Depdiknas.

Purwanto, N. (2005). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rismiati, H. (2020). Penggunaan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD Sindet Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ideguru, 5 (1), 19-24.

Sanjaya, W. (2005). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2005). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Solehudin, U. (2020). Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (2), 364-374. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29090

Sutrisno. (2021). Supervisi Klinis dengan Pendekatan Kolaboratif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (4), 744-756. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.146

Wiryatun. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Teknik pada Siswa Kelas XIAV4 di SMKN 3 Wonosari. Jurnal Ideguru, 4 (1), 121-132. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.76