Learning Community Mampu Meningkatkan Kemampuan Literasi TIK Guru pada Pembelajaran Jarak Jauh

  • Harni Astuti SD Negeri 4 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tindakan ini dilakukan saat penulis masih bertugas di SD Negeri Giripeni. Data penelitian awal menunjukkan bahwa kemampuan literasi TIK guru SD Negeri Giripeni masih rendah. TIK belum dilihat oleh sebagian guru sebagai bagian yang signifikan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tujuan dari kegiatan ini adalah mengimplementasikan Learning Community (LC) untuk meningkatkan kompetensi TIK para guru pada saat PJJ. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah enam orang guru kelas. Bahan penelitian diperoleh dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran. Hasil dari setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan acuan untuk kegiatan selanjutnya. Teknik analisis menggunakan analisis persentase deskriptif. Tingkat keberhasilan kinerja guru adalah ketika proporsi guru yang memiliki keterampilan TIK kategori PJJ baik sudah mencapai 80 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kompetensi TIK guru PJJ SD Negeri Giripeni dalam melaksanakan pembelajaran adalah 74 (cukup) pada siklus 1 dan 86 (baik) pada siklus 2. Komunitas Belajar SD Negeri Giripeni adalah pembelajaran guru-ke-guru, pengalaman dibagi dengan orang lain, berkolaborasi dengan orang lain untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dari diri sendiri dan dapat meningkatkan keterampilan TIK guru di PJJ.

Kata Kunci: learning community, kemampuan literasi TIK guru, PJJ

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Harni Astuti, SD Negeri 4 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harni Astuti, S.Pd.,M.Pd adalah Kepala Sekolah SD Negeri 4 Wates, dengan Pangkat/Gol. Pembina Tingkat I, IV/b. Penulis adalah salah satu peserta bimtekpenulisan artikel jurnal nasional terakreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

Diterbitkan
2023-05-03
Bagaimana cara mengutip:
Astuti, H. (2023). Learning Community Mampu Meningkatkan Kemampuan Literasi TIK Guru pada Pembelajaran Jarak Jauh. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 423-430. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.607
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 211 times
PDF downloaded: 166 times

Referensi

Arifa, Fierka Nurul. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat: Jurnal Bidang Kesejahteraan Masyarakat, 12(7), 13-18. http://puslit.dpr.go.id

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cheng, Y. C. (2005). New Paradigm for Re-Engineering Education: Globalization, Localization and Individualization. Dordrecht, the Netherlands: Springer.

Daryanto & Rachmawati, T. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Guitert, M., Romeu, T. (2009). A Digital Literacy proposal in online Higher Education. Barcelona: elearningeuropa.info.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1990). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Latip, Abdul (2020) “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Eduteach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107-115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Maphosa, C., dan Bhebhe, S. (2019). Digital Literacy: A Must for Open Distance and E-Learning (Odel) Students. European Journal of Education Studies, 5(10), 186-199. https://doi:10.5281/zenodo.2560085

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Muslich, Mansur. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 8-94. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.139

Shopova. (2014). T. Digital Literacy of Students and Its Improvement at the University. Journal of Efficiency and Responsibility in Education and Science. 7(2) 26-32. https://doi.org/10.7160/eriesj.2014.070201

Sugatri, M. (2021). Peranan Siniar sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di Masa Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 58-66. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.219

Supriyadi. (2010). Model Belajar Learning Community untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 17(1), 31-40. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3204

Triwibowo. (2015). Deskripsi Efektivitas Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga dan SMP Negeri 2 Rembang, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(6), 7-10. https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2461