Menumbuhkan Budaya Literasi dengan School Strategic Discussion (SSD)

  • Aryati Aryati SD Negeri Dukuh Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Budaya literasi yang dilaksanakan di sekolah belum menggambarkan kerja sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang berupaya menciptakan semua entitas yang berbakat dalam membaca atau berpikir dasar untuk mendukung mereka sebagai peserta didik yang langgeng. Best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan School Strategic Discussion (SSD) dalam menumbuhkan budaya literasi di SD Negeri Dukuh. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan observasi. Prosedur tindakan yang dilaksanakan penulis dalam kegiatan mewujudkan budaya literasi melalui School Strategic Discussion (SSD) yang melibatkan semua entitas pendidikan seperti guru, kepala sekolah, karyawan, komite sekolah, tokoh masyarakat, dan orang tua siswa. Langkah diskusi terpumpun yang penulis lakukan yaitu pemetaan sekolah, analisis kondisi, alternatif pemecahan, langkah perbaikan, dan komitmen bersama. Hasil SSD yang dibuat dapat menumbuhkan budaya literasi. Dampak adanya penerapan SSD adalah warga sekolah memanfaatkan waktu untuk membaca di pojok baca dan perpustakaan, meningkatnya prestasi yang diraih siswa, guru, dan sekolah, serta jumlah pengunjung perpustakaan meningkat. Dengan School Strategic Discussion (SSD) yang dilaksanakan di SD Negeri Dukuh dapat menumbuhkan budaya literasi.

Kata Kunci: School Strategic Discussion (SSD), budaya literasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-02
Bagaimana cara mengutip:
Aryati, A. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi dengan School Strategic Discussion (SSD) . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 639-645. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.605
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 275 times
PDF downloaded: 228 times

Referensi

Antasari, I. W. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1), 14-26. http://dx.doi.org/10.22373/1680

Aryati, (2020). “SSD” Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Performa Sekolah. https://sukowatiartikel.id/ssd-strategi-jitu-untuk-meningkatkan-performa-sekolah/

Dompet Dhuafa Pendidikan. (2019). Materi Pelatihan Sekolah Literasi Indonesia

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Malang : Literasi Nusantara.

Juminingsih, J. (2019). Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar Negeri Trangsan 02 Gatak Kabupaten Sukoharjo Dalam Mendukung Keberhasilan Kegiatan Belajar Abad 21. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 56-64. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8255

Kemdikbud. (2016). Pedoman Pelaksanaan Gerakan Literasi Bangsa. Jakarta: Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Sugatri, M. (2016). Sedekah Ilmu&Quot; Penumbuhan Budaya Literasi Pada Siswa Melalui Perpustakaan Pojok Kelas Untuk Membangun Generasi Emas Di SMA N 1 Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 68-77. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/17

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran literasi mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas V sekolah dasar. Paedagogia, 13(2).

OECD. 2000 : PISA 2006: Science Competencies for Tomorrow’s World, http:// www.oecd.org/dataoecd/15/13/ 39725224. Pdf (diakses pada tanggal 12 Februari 2021 )

Oktarina, R. (2019). Membangun Budaya Literasi Bagi Guru Dan Kepala Sekolah Profesional Pada Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 12 (1).

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil: Jurnal pendidikan dan pembelajaran Dasar, 6(2), 151-164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Triyanto, T., Fauziyah, F. A., & Hadi, M. T. (2019). Bahasa sebagai pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia, 1(1), 1-4. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i1.1145

Widiadi, A. N., & Utami, I. W. (2017). Praksis lesson study for learning community dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada sekolah menengah pertama melalui kolaborasi kolegial guru dan dosen. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(2), 77-88. http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i22016p077