"SEDEKAH ILMU" PENUMBUHAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN POJOK KELAS UNTUK MEMBANGUN GENERASI EMAS DI SMA N 1 BANTUL

  • Martini Sugatri SMA Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstract

Minat membaca yang rendah di Indonesia memiliki banyak masalah dalam penguasaan literas. Berbagai faktor ditengarai sebagai penyebab rendahnya budaya literasi, namun kebiasaan membaca dianggap sebagai salah satu faktor menurunnya karakter siswa.

            Melalui pelaksanaan permendikbud No 23 Tahun 2015  tentang penumbuhan budaya literasi  melaui perpustakaan pojok kelas yang dijalankan di SMA N 1 Bantul memberikan manfaat sangat banyak bagi kemajuan di SMA N 1 Bantul untuk membangun generasi emas. Adapun dampak adanya perpustakaan pojok kelas adalah siswa akan ahli dalam membaca, ahli dalam menulis, terampil dalam berbicara, terampil dalam mengelola perpustakaan pojok kelas, menjadi pembiasaan dalam diri siswa, menimbulkan rasa berbagi antar teman (sedekah Ilmu) dan menciptakan kedisiplinan.

            Dengan adanya sedekah ilmu maka penumbuhan budaya literasi melalui perpustakaan pojok kelas memberikan manfaat sangat banyak bagi kemajuan di SMA N 1 Bantul untuk membangun generasi emas. Harapannya adalah agar program ini dilaksanakan diseluruh Indonesia.

Keywords: Penumbuhan Budaya Literasi, Sedekah Ilmu, Perpustakaan Pojok Kelas

PDF Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Martini Sugatri, SMA Negeri 1 Bantul

Guru Sosiologi

Published
2016-11-01
How to Cite:
Martini Sugatri. (2016). "SEDEKAH ILMU" PENUMBUHAN BUDAYA LITERASI PADA SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN POJOK KELAS UNTUK MEMBANGUN GENERASI EMAS DI SMA N 1 BANTUL. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(2), 68-77. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/17
Section
Research Articles
Abstract viewed: 325 times
PDF downloaded: 198 times