Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Google Workspace for Education melalui Workshop

  • Sumardi Sumardi SD Negeri Kalikepek, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Adanya perubahan sistem kerja dan sistem pembelajaran pada masa pandemi ini guru dituntut menguasai teknologi informasi dalam bekerja dan pembelajarannya. Hasil supervisi Kepala Sekolah menunjukan bahwa kompetensi profesional guru dalam penguasan tehnologi masih rendah, perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi profesional dalam menggunakan Google Workspace for Education serta untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah meningkatkannya melalui workshop bagi guru-guru di SD Negeri Kalikepek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini objeknya adalah kompetensi guru dalam menggunakan Google Workspace for Education, subjek penelitian ini adalah guru-guru di SD Negeri Kalikepek. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, tiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data digunakan teknik observasi. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen observasi kegiatan peserta, observasi pengelolaan, dan penilaian produk workshop. Kesimpulan hasil penelitian ini, workshop dapat meningkatkan kompetensi professional dalam menggunakan Google Workspace for Education bagi guru di SD Negeri Kalikepek dari sebanyak 14% menjadi 86% orang; serta pelaksanaan workshop yang baik harus melalui langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan tindaklanjut yang runtut.

Kata Kunci: Google Workspace for Education, Kompetensi Profesional, Workshop

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sumardi Sumardi, SD Negeri Kalikepek, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Nama : Sumardi, S.Pd.
  • Pangkat Golruang: Pembina Tingkat I, IVb
  • No Hp. : 085747117961
  • Email : ardisum805@gmail.com
  • Alamat: Botokan, RT 9, Jatirejo, Lendah, Kulon Progo
  • Unit Kerja: SD Negeri Kalikepek

Penulis adalah salah satu peserta bimtek penulisan artikel jurnal nasional terakreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

Diterbitkan
2023-05-03
Bagaimana cara mengutip:
Sumardi, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Penggunaan Google Workspace for Education melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 406-413. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.571
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 261 times
PDF downloaded: 160 times

Referensi

Irani, N.K.C.P. (2022). Pemanfaatan Google Workspace for Education Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2 (3), 160–174. https://doi.org/10.37329/metta.v2i3.1795

Iskandar, D., Zuwerni, Z., & Sofyan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace for Education Untuk Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru Mts. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1005-1018. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1268

Jahrah, J. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Daring Melalui Lokakarya Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Platform Google Untuk Pendidikan Di SMP Negeri 2 Tarakan. Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1 (2), 168-174. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.646

Johannes. (2018). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Menyusun Rpp Melalui Workshop. Jurnal Pena Edukasi, 5(2), 95–98. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JPE/article/view/179/137

Kemmis, S., & Taggart, R, M. (1988). Action Research - some ideas from The Action Research Planner, Third edition, ed. Australia: Deakin University

Mardini, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru dalam Penerapan Project Based Learning melalui Coaching Tatap Muka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8 (2), 199-207. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.467

Moerni, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Workshop dan Pendampingan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 149-156. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.281

Mujiyono, M. (2023). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Google Workspace for Education Melalui Workshop In On In di SMA Negeri 1 Turi. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(1), 291-310. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/721/453

Pariyana, P. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire 17 Melalui Workshop di SMK Negeri 1 Pajangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 66-74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.114

Purnama, B. J. (2022). Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 308-316. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.445

Suciati, S. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 79-85. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.131

Sunarsih, S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Melalui Workshop Multi Metode. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 17-22. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/52

Sumiharti, S., (2021). Peningkatan Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Workshop Bagi Guru SDN Randusari 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Peradaban: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 11 (1), 598-612 http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/677/540alam

Widayati, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiri Berbasis Google Workspace for Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Literasi Digital, 1 (3), 216–223. https://pusdig.my.id/literasi/article/view/58/62

Surat Keputusan Bersama Mendikbudristek, Menag, Menkes, dan Mendagri. (No. 05/KB/2021, No. 1347 Tahun 2021, No. HK.01.08/Menkes/6678/2021, No. 443-5847 Tahun 2021). Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019.