Supervisi Klinis Berkelanjutan Mampu Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Project Based Learning

  • Sugiyah Sugiyah SD Negeri Conegaran, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Guru merasa terbebani dengan materi yang banyak untuk mengejar ASPD, PTS dan PAS pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dimana peserta didik hanya belajar di sekolah maksimal 3 jam per harinya. Berdasarkan observasi peneliti, saat ini guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru di kelas atas dalam penerapan PJBL di SD Negeri Conegaran melalui supervisi klinis berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif jenis penelitian tindakan, dengan analisis data deskriptif komparatif melalui observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan supervisi klinis berkelanjutan pada guru kelas IV, V, dan VI. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2022. Setelah dilakukan supervisi klinis berkelanjutan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan PJBL siklus 1 pertemuan ke-1 mendapatkan nilai 80,00 (kategori cukup) dan pada siklus 2 pertemuan ke-2 mendapatkan nilai 96,47 (kategori amat baik). Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil sebanyak 16,47 poin atau sebesar 20,58%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis berkelanjutan mampu meningkatkan kompetensi guru dalam penerapan PJBL di kelas atas.

Kata Kunci: kompetensi guru, project based learning, supervisi klinis berkelanjutan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sugiyah Sugiyah, SD Negeri Conegaran, Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dra. Sugiyah, M Pd. adalah Kepala Sekolah SD Negeri Conegaran, dengan Pangkat/Gol: Pembina Utama Muda/ IV c. Penulis adalah salah satu peserta bimtek penulisan artikel jurnal nasional terakreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

Diterbitkan
2023-03-20
Bagaimana cara mengutip:
Sugiyah, S. (2023). Supervisi Klinis Berkelanjutan Mampu Meningkatan Kompetensi Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Project Based Learning . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 337-345. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.559
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 161 times
PDF downloaded: 186 times

Referensi

Ambiyar, Budi Syahri, Junil Adri, Primawati, Nurhaliza, dan Syaiful Islami (2020). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 4(1):125-138 DOI: 10.21831/jk.v4i1.22353

Apriliana, A. C., & Martini, A. (2018). Analisis kesalahan ejaan dalam karangan narasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 227-232.

Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanudin. (2016). Teori Penelitian dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan, 1(12). 2321-2326.

Arista, A. (2018). Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Dee Publish.

Casmudi, & Alipatan. (2019). Manajemen Pengembangan Kompetensi. Bandung: Mujahid Press.

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hadinugrahaningsih, Tritiyatma. (2017). Ketrampilan ABAD 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hiryanto. (2008). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal. Lokakarya Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendidikan Luar Sekolah. Yogyakarta: BAPPEDA Bantul.

Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Isriani, & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.

Karsiyem, M. N. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus III Sentolo, Kulon Progo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 201-212. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6337

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1992). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan JB Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.145

Mardini, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru dalam Penerapan Project Based Learning melalui Coaching Tatap Muka. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 199-207. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.467

Menge, R., Yosefa, A., Ermelinda, & Wau. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Project Based Learning Tema Daerah Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV SD I Waela Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(01), 23-30.

Prasojo, D., lantip, & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Rachmawati, Titik, & Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka. Yogyakarta: Gava Media.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remajaa Rosdakarya.

Samidi, & Istarani. (2016). Kompetensi dan Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Jakarta: Larispa.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudrajat, A., & Hernawati, E. (2020). Modul Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Kependidikan dan Keagamaan Balitbang Diklat Kementrian Keagamaan RI.

Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F., Farida Agus S., Siti Rohmah N. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 12(1), 1444. https://doi.org/10.25299/jaip.2015