Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Pelatihan dengan Model Pembelajaran Andragogi

  • Rohmat Santosa SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) sangat perlu dilaksanakan agar guru termotivasi untuk melakukan publikasi ilmiah. Model pembelajaran andragori dinilai lebih tepat digunakan untuk usia dewasa dibanding metode ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelatihan penulisan proposal PTK dengan model pembelajaran andragogi terhadap 11 guru di SMK Negeri 1 Sedayu  tahun 2022 guna meningkatkan kompetensi guru dalam penulisan proposal PTK. Model PTS yang digunakan adalah menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan  dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan  refleksi. Berdasarkan tahap perencanaan / pra siklus, persentase kenaikan pangkat guru di SMK N 1 Sedayu sangat rendah (20%) dikarenakan kurangnya nilai publikasi. Pada siklus 1, hanya 2 komponen, judul penelitian dan rumusan masalah, yang mendapat nilai baik, komponen lain mendapat nilai cukup (n=61-72). Setelah dilakukan siklus 2, secara keseluruhan terjadi rata-rata peningkatan ±15% sehingga setiap kategori komponen berubah menjadi baik (≥80). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan penulisan proposal PTK dengan strategi pembelajaran andragogi berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menulis proposal. Pelatihan penulisan proposal PTK dengan model pembelajaran andragogi paling efektif meningkatkan kemampuan identifikasi masalah dan penentuan prosedur penelitian. Bagian komponen proposal PTK yang masih memerlukan pelatihan lebih detail adalah teknik pengumpulan data.

Kata Kunci: kompetensi guru, proposal PTK, andragogi

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2023-07-05
Bagaimana cara mengutip:
Santosa, R. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Pelatihan dengan Model Pembelajaran Andragogi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 585-592. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.556
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 641 times
PDF downloaded: 315 times

Referensi

Agusrida. (2020). Strategi Pembelajaran Andragogi dalam Pelatihan. Balai Diklat Keagamaan Kemenag.

Arikunto, Suharsimi (2011). Penilian dan Penelitian Bimbingan dan Konseling. Aditya Medika.

Ekawarna, E &. Salam, M. (2020). Pelatihan PTK: Alternatif Solusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Karya Abdi, 4(2), 195-205. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10519

Giyarsih, (2021). Peningkatan Motivasi Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika SMK melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 169-175. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.190

Hakim, A.D.J. (2016). Hubungan Antara Kompetensi Andragogi Tutor Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pelatihan Teknik Listrik Industri di UPT Pelatihan Kerja/BLK Surabaya. Inproceedings UNESA: 2-10

Hartuti. (2021). Guru BK Cepat Naik Pangkat Mau?. Paramitra Publishing.

Hiryanto, H. (2009). Optimalisasi Penerapan Konsep Andragogi Dalam Pendidikan dan Latihan Aparatur Pemerintah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan. JIV- Jurnal Ilmiah Visi, 4(2), 161-174. https://doi.org/10.21009/JIV.0402.5

Jaedun, A. (2008). Prinsip-prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru di DIY. Lembaga Penelitian UNY.

Mardiyatun. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Binaan Pendidikan Agama Islam Dalam Membuat Video Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Teknik Andragogi di Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Education and Learning Mathematics (IJELM), 1(2), 52-61. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4877/0

Marzuki, S. (2012). Pendidikan Nonformal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Remaja Rosdakarya.

Moerni, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas melalui Workshop dan Pendampingan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 149-156. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.281

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana.

Ngaba, A.L. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan PTK Berbasis Andragogi Menggunakan Model ADDIE untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMP. Tesis. Tidak dipublikasikan. Universitas Kristen Satya Wacana.

Prasojo, L.D. & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. Gava Media.

Rahmawati. (2008). Makalah Pelatihan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Akuntasi Sekabupaten Sleman. staffnew.uny.ac.id

Rosmaliwarnis. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui Workshop Tahun Pelajaran 2020/2021. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 778-787. https://doi.org/10.29210/021166jpgi0005

Wahono, W, Imsiyah, N, & Setiawan, A. (2018). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital. Proceeding. FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4877/0