Bimbingan Berkelanjutan Mampu Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Berbasis Literasi Numerasi

  • Cicilia Sriningsih SD Negeri Gadingan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sangat menentukan mutu pendidikan di sekolah. Kemampuan literasi numerasi dapat terlihat dari rapor mutu pendidikan.  Kenyataan yang terjadi di SD Negeri Gadingan, hasil literasi numerasi siswa di rapor pendidikan masih rendah dan perlu intervensi khusus dengan nilai 4%.  Salah satu penyebab rendahnya nilai  literasi numerasi karena sebanyak 3 guru kelas belum  mampu menyusun RPP berbasis literasi numerasi dengan baik, sehingga belum menerapkan pembelajaran berbasis literasi numerasi. Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan  meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP berbasis literasi numerasi melalui kegiatan Bimbingan Berkelanjutan di SD Negeri Gadingan. Indikator keberhasilan melalui Kegiatan Bimbingan Berkelanjutan guru mampu membuat RPP berbasis literasi numerasi dan menerapkannya dalam pembelajaran dengan kriteria baik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan selama empat bulan yaitu pada bulan Januari sampai dengan April 2022. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian adalah guru kelas IV, V, dan VI SD Negeri Gadingan. Observasi data dilaksanakan terhadap penyusunan RPP berbasis literasi numerasi guru. Cara menganalisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan  mampu meningkatkan kompetensi guru.  Kompetensi guru  dalam menyusun  RPP mencapai nilai sebesar 93% (sangat baik) dan kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran mencapai nilai 89% (baik).

Kata Kunci: kompetensi guru, literasi, numerasi, bimbingan berkelanjutan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Cicilia Sriningsih, SD Negeri Gadingan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis adalah salah satu peserta bimtek penulisan artikel jurnal nasional terakreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

 
Diterbitkan
2023-05-05
Bagaimana cara mengutip:
Sriningsih, C. (2023). Bimbingan Berkelanjutan Mampu Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Berbasis Literasi Numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 454-459. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.552
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 268 times
PDF downloaded: 218 times

Referensi

Handayani, H. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik Iht (In House Training). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 32-36. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.66

Herawati, R. (2022). Penerapan Model Gradual Release of Responsibility dalam Penguatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335

Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229-234. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372

Lestari, S. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran “CLIS” Muatan IPA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 43-53. Diambil dari https://jurnal_dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/24

Purwanti, H. (2021). Pembelajaran Kreatif pada Praktik Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental melalui Metode Demonstrasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 127-136. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.201

Rismiati, H. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 33-39. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/41

Santosa, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 339-347. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.293

Suciati, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Kurikulum 2013 Melalui In House Training (IHT) Oleh Kepala Sekolah Di SD Bungkus Kretek Kabupaten Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 104-115. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.74

Surtiyani, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Tema Kegemaranku Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas I Sd Jetis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 1(1), 32-39. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/9

Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171-178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427