Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

  • Sumiati Sumiati SMA Negeri 1 Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  yang mempunyai tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit . Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap awal perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian sebagai berikut: pengamatan awal, observasi kegiatan guru dan angket untuk motivasi dan respon siswa. Teknik analisis data bersifat kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan adanya peningkatan motivasi  dan hasil belajar siswa. Kegiatan guru terlaksana dengan baik dari 83% (baik) menjadi 86,7% (sangat baik). Motivasi siswa mengalami peningkatan dari 83% motivasi tinggi menjadi 86% motivasi tinggi . Hasil belajar siswa meningkat dari 69,4% ( tuntas)  menjadi 89% ( tuntas). Kesimpulan dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA 5 SMA N 1 Bantul secara efektif.

Kata Kunci: Contekstual Teaching Learning (CTL, motivasi, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-07-23
Bagaimana cara mengutip:
Sumiati, S. (2023). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 611-619. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.546
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 223 times
PDF downloaded: 313 times

Referensi

Arikunto,S.,Suhardjono & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Ayrama Widya.

Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astikkuswati. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Motivasi Hasil Belajar dan Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur'an Hadits Di MI Baitul Ridlo Umbulsari Jember. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar,Prodi PGMI-FAI- Universitas Jember, 3 (2). 105-123.

Fitriyani, F., Adjar Pranoto, B., & Umi Nurbaeti, R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 29–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.159

Framita., Krisnadi, H., Uliati, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kontektual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 24 Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 4.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ismatunsarrah 1, I. R. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Materi Elastisitas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIPI (Jurnal IPA dan pembelajaran IPA), 4(1), 70-80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Implementasi Kurikulum Tahun 2013.

Sawin. (2019). Implementasi Pembelajaran Sejarah Dengan Teknik Kontekstual Community Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII/IPS.4 SMAN 1 Kertosono Nganjuk. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1-14.

Sudarwati, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Kontekstual L Model Based Learnig Dapat Meningkatkan Pemahaman PKn Peran Aktif Indonesia di Asean Bagi Siswa Kelas VI Semester II SDN 2 Doroampel Sumbergempol Tahun 2014/2015. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2 (1), 1-12. https://dx.doi.org/10.29100/ppkn.v2i1.332

Yuliana, E. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas VII SMP Al-Fatah Kota Jambi. Edu-Sains, 6, 51.